Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes Tetapkan 3 Rumah Sakit Khusus Covid-19, Ini Lokasinya!

Kemenkes menetapkan 3 rumah sakit di wilayah DKI Jakarta sebagai RS khusus untuk penanganan pasien Covid-19.
RS Fatmawati jadi rumah sakit khusus Covid-19/Istimewa
RS Fatmawati jadi rumah sakit khusus Covid-19/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan menetapkan 3 rumah sakit di wilayah DKI Jakarta sebagai RS khusus penanganan pasien Covid-19. Ketiga rumah sakit tersebut, yaitu RSUP Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso, dan RSUP Persahabatan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan tingginya lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19 menyebabkan keterisian tempat tidur di rumah sakit juga mengalami peningkatan.

Rata-rata nasional angka keterisian tempat tidur mencapai 67-68 persen. Sementara, di beberapa daerah angka keterisian tempat tidur mencapai angka 80 persen.

“Kita melihat di Yogyakarta dan di Jawa Tengah itu sudah mencapai 85 persen, di Banten itu 87 perssen, dan di DKI Jakarta itu mencapai 90 persen,” kata Nadia, dikutip dalam keterangan resmi, Jumat (25/6/2021).

Dia berharap dengan konversi status ketiga rumah sakit yang dikhususkan sebagai RS perawatan pasien Covid-19 dapat memberikan pelayanan kasus COVID-19 ini akan membantu menambah persediaan tempat tidur.

Direktur Utama RSPI Sulianto Saroso dr. Mohammad Syahril mengatakan pihaknya telah menyiapkan tenda bantuan dari BNPB dan akan menambah jumlah kamar.

“Dengan lonjakan ini kami merencanakan penambahan tempat tidur dengan 4 tahap. Hal itu dikarenakan adanya perubahan ruangan biasa menjadi ruangan isolasi agar ruangan itu memenuhi persyaratan isolasi,” tutur dr. Syahril.

Dia menegaskan RSUP Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso hanya menerima rujukan kasus COVID-19 berat dan kritis.

Menurutnya, pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang dapat dirujuk ke RS terdekat.

“Tidak semua pasien yang datang ke RS tersebut karena COVID-19 akan dirawat, tapi akan dirujuk ke RS terdekat bila kondisinya ringan sampai sedang,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper