Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUMN Go Global, Ini Strategi di Hong Kong

Sinergi dengan perbankan BUMN di Hong Kong juga menindaklanjuti kerja sama diplomasi ekonomi dalam rangka mendorong BUMN Go Global.
Menteri BUMN Erick Thohir/Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong meningkatkan kerja sama dengan perbankan BUMN di Hong Kong untuk mengerek investasi di Tanah Air. Hong Kong merupakan salah satu mitra strategis Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Konjen RI- Hong Kong Ricky Suhendar mengatakan sinergi antara perwakilan RI dan perbankan BUMN di Hong Kong sangat penting untuk mendorong diplomasi ekonomi yang terus digalakan Pemerintah Indonesia.

“Dalam situasi ketidakpastian ini, refocusing prioritas diplomasi ekonomi dilakukan agar tetap relevan dengan situasi terkini dengan salah satu prioritasnya adalah upaya pemulihan ekonomi nasional dan melanjutkan perlindungan WNI di luar negeri," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (23/6/2021).

Seperti diketahui, Hong Kong merupakan salah satu mitra penting dan strategis Indonesia. Pada 2020 Hong Kong masuk sebagai tiga besar investor ke Indonesia dengan jumlah mencapai US$3,8 miliar, sementara nilai perdagangan kedua negara mencapai US$4,7 miliar.

Ricky Suhendar menuturkan kolaborasi perwakilan RI dengan BUMN bertujuan meningkatkan peluang ekonomi dan investasi serta mendorong citra positif Indonesia di luar negeri.

Sinergi dengan perbankan BUMN di Hong Kong juga menindaklanjuti kerja sama diplomasi ekonomi dalam rangka mendorong BUMN Go Global antara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi.

Seperti diketahui pada tahun lalu, Menteri BUMN dan Menteri Luar Negeri melakukan kerja sama dan pembentukan tim untuk mendorong perusahaan pelat merah ekspansi ke luar negeri. Dengan makin banyak BUMN melakukan bisnis di luar negeri, Indonesia dapat memperbaiki rantai pasok dan meningkatkan ekspor produk Indonesia.

Adapun, BUMN perbankan yang memiliki perwakilan di Hong Kong ialah BNI, Mandiri dan BRI. Kolaborasi dengan KJRI Hong Kong juga bertujuan mengidentifikasi peluang UMKM melakukan ekspor dan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“BUMN Perbankan di Hong Kong memiliki beberapa program kolaborasi untuk mendukung pengembangan BUMN di pasar global, identifikasi peluang investasi inbound serta outbound, memberdayakan UKM ekspor, serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper