Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Teknik Foto Untuk Mengabadikan Momen Gerhana Bulan Total

Momen Gerhana Bulan Total ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mengabadikan foto dari proses Gerhana itu.
Gerhana bulan total/express.co.uk
Gerhana bulan total/express.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan Gerhana Bulan Total 2021 sangat spesial. Pasalnya, fenomena Super Blood Moon beriringan dengan terjadinya Perige, yaitu ketika bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi.

Puncak gerhana diprediksi akan terjadi terjadi pada Rabu (26/5/2021) pukul 18.18.43 WIB / 19.18.43 WITA / 20.18.43 WIT dengan jarak 357.464 kilometer dari Bumi.

Momen Gerhana Bulan Total ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mengabadikan foto dari proses Gerhana itu. Terlebih, pada Gerhana kali ini akan special, karena bulan berada di posisi paling dekat dengan Bumi dan mengakibatkan penampakan Bulan akan lebih besar dari biasanya.

Dilansir dari Infoastronomy.org, ada beberapa cara atau teknik memotret untuk mengabadikan momen Gerhana Bulan Total nanti. Berikut teknik dan caranya:

1. Wide Angle

Teknik ini bisa dibilang teknik paling mudah untuk memotret Gerhana. Selain mudah, teknik ini juga bisa memotret Gerhana secara estetik dengan latar depan perumahan atau kerumunan masyarakat. Biasanya kalian membutuhkan Tripod untuk membantu dalam pengambilan foto dengan menggunakan teknik ini.

Untuk kamera sendiri, jika kalian menggunakan SLR 35mm, lensa sudut lebar direkomendasikan, tetapi lensa normal 50mm juga berfungsi dengan baik. Untuk DSLR, gunakan focal length di kisaran 18mm sampai 35mm, lalu atur ISO ke 400.

2. Star Trail

Teknik ini merupakan variasi dari teknik Wide Angle, teknik Star Trail ini dilakukan dengan menggunakan eksposur yang sangat panjang. Pada teknik ini, kamera dan lensa yang digunakan sama dengan Wide Angle. Namun, untuk pengaturannya, teknik ini mangambil ISO diantara 200 dan 400 dengan aperture f/8 atau f/11.

3. Multi Eksposur

Berbeda dengan kedua teknik tadi, Multi Eksposur ini menggabungkan kedua teknik di atas menjadi gambar individual yang menunjukan fas fase dari terjadinya Gerhana. Pada teknik ini kalian bisa mengabadikan proses dari awal Gerhana mulai sampai berakhir, namun memerlukan waktu yang lama dan tidak sebentar.

4. Telephoto

Ini merupakan teknik yang digunakan untuk mengambil gambar Bulan yang besar. Pada teknik ini, kalian perlu menggunakan lensa tele yang panjang atau bahkan sebuah teleskop. Biasanya lensa yang digunakan adalah lensa 200mm bahkan sampai 500mm.

Selain itu, bagi kalian yang ingin memotret fenomena ini, kalian harus tau kapan dan seperti apa kronologi Gerhana tersebut terjadi agar mendapatkan foto yang maksimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper