Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unik! Petugas Sampaikan Bahaya Covid-19 Sambil Usung Keranda

Kegiatan penyuluhan yang tidak biasa itu ditujukan untuk meningkatkan kesadaran warga menjalankan protokol kesehatan.
Petugas Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Kamis (20/5/2021) mengusung keranda untuk mengingatkan warga mengenai bahaya COVID-19.  (ANTARA/HO Muspika Batang Kuis)
Petugas Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Kamis (20/5/2021) mengusung keranda untuk mengingatkan warga mengenai bahaya COVID-19. (ANTARA/HO Muspika Batang Kuis)

Bisnis.com, JAKARTA - Petugas Musyawarah Pimpinan Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, mengusung keranda untuk mengingatkan warga mengenai bahaya penularan COVID-19 pada Kamis (20/5/2021).

Mengutip Antara, kegiatan penyuluhan yang tidak biasa itu ditujukan untuk meningkatkan kesadaran warga menjalankan protokol kesehatan setelah 21 pegawai Puskesmas Batang Kuis terserang COVID-19.

"Keadaan kami di Kecamatan Batang Kuis tidak baik-baik saja. Banyak masyarakat yang tidak peduli dan sudah lupa bahwa COVID-19 masih mengancam," kata Camat Batang Kuis Avro Wibowo.

"Kami bawa tenda mayat menandakan kita tidak dalam keadaan yang baik. Maka dari itu, kita berharap masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, dan sebagainya," ia menambahkan.

Aparat TNI dan Polri, menurut dia, ikut membantu mengingatkan warga Kecamatan Batang Kuis agar disiplin menjalankan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19.

Selain menggiatkan penyuluhan, pemerintah kecamatan melakukan penyemprotan disinfektan dan pengawasan penerapan protokol kesehatan untuk menekan penularan virus corona.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan kepala daerah di 15 provinsi, terutama yang berada di Pulau Sumatra, karena kini mencatatkan tren penambahan kasus positif Covid-19.

Adapun, 15 provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, DKI Jakarta, Maluku, Banten, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Bangka Belitung.

“Sekarang kita tandai merah dan hijau. Sebagian ada di Sumatra, Jawa dan juga ada di Sulawesi serta Kalimantan,” ujarnya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Prediden, Selasa (18/5/2021).

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa Sumatra Utara (Sumut) dan Kepulauan Riau (Kepri) menjadi dua provinsi di Sumatra yang belum mengalami penurunan kasus mingguan positif Covid-19.

Pada periode 10-16 Mei 2021 tercatat terjadi kenaikan 574 kasus positif di Sumut dan 989 kasus di Kepri atau meningkat jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hafiyyan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper