Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biden Siap Kirim 20 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Negara Lain

Gedung Putih belum memberikan perincian apa pun tentang negara mana yang akan menerima vaksin bantuan dari AS tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  08:25 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. - Antara/Reuters
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden AS Joe Biden akan mengirim sedikitnya 20 juta dosis vaksin Covid-19 ke luar negeri pada akhir Juni. Hal itu sekaligus menandai untuk pertama kalinya Amerika Serikat membagikan vaksin resmi yang seharusnya untuk penggunaan domestik.

Langkah tersebut menandai proses penting dari Gedung Putih ketika pemerintah berusaha menggunakan pasokan vaksin negara itu sebagai alat diplomasi setelah prospek penanganan pandemi yang semakin cerah di dalam negeri.

Biden mengumumkan bahwa pemerintahannya akan mengirimkan dosis vaksin Pfizer-BioNTech, Moderna dan Johnson & Johnson selain 60 juta dosis AstraZeneca yang telah direncanakannya untuk diberikan ke negara lain.

Tidak seperti yang lain, vaksin AstraZeneca belum diizinkan untuk digunakan di Amerika Serikat.

"Sama seperti dalam Perang Dunia Kedua, Amerika Serikat adalah gudang demokrasi, dalam pertempuran melawan pandemi Covid-19, negara kita akan menjadi gudang vaksin," kata Biden seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (18/5/2021).

Presiden AS yang baru itu berada di bawah tekanan untuk membagikan vaksin untuk membantu mengatasi epidemi yang memburuk di India hingga Brasil.

Para ahli kesehatan khawatir varian virus Corona baru yang lebih menular dapat merusak keefektifan vaksin yang tersedia.

Biden mencatat tidak ada negara lain yang akan mengirim lebih banyak vaksin ke luar negeri selain Amerika Serikat. Sejauh ini AS telah mengirimkan beberapa juta dosis AstraZeneca ke Kanada dan Meksiko.

"Kami ingin memimpin dunia dengan nilai-nilai kami dengan menunjukkan inovasi, kecerdasan, dan kesopanan fundamental rakyat Amerika Serikat," kata Biden.

Akan tetapi Gedung Putih belum memberikan perincian apa pun tentang negara mana yang akan menerima vaksin tersebut. Biden mengatakan bahwa Jeff Zients, yang mengepalai program vaksin AS juga akan memimpin upaya vaksin global.

Amerika Serikat telah memberikan lebih dari 272 juta dosis vaksin Covid-19 dan mendistribusikan lebih dari 340 juta dosis, menurut data pemerintah federal terbaru.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Joe Biden Vaksin Covid-19

Sumber : ChannelNewsAsia.com

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top