Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aksi di Jalan, Warga Sydney, Tokyo & Berlin: Bebaskan Palestina!

Di Sydney, warga melancarkan aksi protes damai di Balai Kota dan berbaris di jalan-jalan, berkumpul, dan meneriakkan seruan pembebasan Palestina dan Gaza.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 15 Mei 2021  |  16:39 WIB
Ilustrasi - Bendera Palestina dipasang berderet di Lembah Yordania, Tepi Barat. - Bloomberg/Kobi Wolf
Ilustrasi - Bendera Palestina dipasang berderet di Lembah Yordania, Tepi Barat. - Bloomberg/Kobi Wolf

Bisnis.com, JAKARTA – Ribuan orang di CBD Sydney, Australia, turun ke jalan untuk menyerukan solidaritas terhadap kemerdekaan Palestina.

Dilansir 9news, Sabtu (15/5/2021), protes damai tersebut dimulai di Balai Kota. Para pengunjuk rasa kemudian berbaris di jalan-jalan, berkumpul, dan sembari berteriak “Bebaskan Palestina” dan “Bebaskan Gaza”.

Demonstrasi serupa turut terjadi di kota-kota besar di seluruh dunia. Meluasnya gelombang protes ini seiring dengan meningkatnya serangan Israel ke Palestina.

Di Berlin, Jerman, ribuan orang juga turun ke jalan, menyuarakan dukungan bagi warga Palestina di Gaza. Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina serta meneriakkan “Hentikan Pembunuhan di Gaza”.

Hal serupa juga terjadi Tokyo, Jepang. Sedikitnya ada sekitar 300 orang yang turun ke jalan untuk memprotes penyerangan dari militer Israel ke Palestina.

Para pengunjuk rasa di Tokyo berbaris di pusat kota dan menyerukan penghentian segera serangan militer Israel di Jalur Gaza. Aksi demo ini dilakukan seusai salat Jumat di sebuah masjid di Bangsal Shibuya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi turut mengecam serangan Israel di Jalur Gaza. Dia mengatakan sudah terlalu lama hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel.

“Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya,” kata Menlu Retno, beberapa waktu lalu.

Indonesia juga menyerukan kepada Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Gerakan Non Blok (GNB) agar dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah Palestina. Indonesia terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB mengambil langkah nyata.

Presiden Joko Widodo telah menyampaikan posisi tegas Indonesia bahwa tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Syeikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan menyerang warga sipil Palestina di Masjid Al Aqsa, merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan.

Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak DK PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan oleh Israel. Hingga saat ini, Indonesia berpartisipasi dalam upaya pembebasan Palestina, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestine.

Sebagai catatan, komite ini ada di Majelis Umum PBB yang dibentuk pada 1975, yang memiliki mandat memperjuangkan hak-hak Palestina termasuk hak kemerdekaan Palestina.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palestina israel
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top