Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Terapkan Tes Acak, Ini Lokasinya

Meskipun beberapa indikator menunjukkan tren perbaikan selama beberapa hari belakangan, pemerintah masih harus mewaspadai peluang peningkatan jumlah kasus di Indonesia.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 15 Mei 2021  |  15:24 WIB
Layar menampilkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan pemaparan dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 di Jakarta, Selasa (26/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Layar menampilkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan pemaparan dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 di Jakarta, Selasa (26/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah memutuskan untuk menerapkan kebijakan tes acak Covid-19 sebagai upaya pencegahan peningkatan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran. 

Selama libur Lebaran Idulfitri 2020, selalu terjadi kenaikan jumlah kasus harian yang sangat signifikan setelah libur Lebaran.

Meskipun beberapa indikator menunjukkan tren perbaikan selama beberapa hari belakangan, pemerintah masih harus mewaspadai peluang peningkatan jumlah kasus yang saat ini terjadi sebagian besar Provinsi di Sumatera.

Random-Test diterapkan untuk perjalanan dari beberapa provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta, sedangkan Mandatory-Check untuk perjalanan dari Sumatera menuju ke Jawa dan Jakarta, yang diberlakukan mulai hari ini 15 Mei 2021” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (15/5/2021).

Keputusan penerapan kebijakan ini merupakan hasil dari koordinasi antar pemerintah pusat dan daerah. Mulai tanggal 15 Mei 2021, pemerintah akan melakukan mandatory check Covid-19 atas dokumen rapid test PCR, swab test Antigen, dan GeNose di Pelabuhan Bakauheni untuk semua pelaku perjalanan.

Menurutnya, mandatory check Covid-19 diterapkan untuk arus balik dari wilayah di Pulau Sumatera ke Jakarta melalui penyeberangan Bakauheni –Merak, dan akan dilakukan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung.

Sebaliknya, penerapan random test Covid-19 dilakukan untuk arus pergerakan masyarakat dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat menuju Jakarta baik melalui jalan tol maupun jalan nasional.

Pengecekan random test Covid-19 dengan rapid test Antigen ada di sekitar 21 lokasi titik pengecekan di seluruh Provinsi yang ada di Pulau Jawa menuju Jakarta.

Adapun, random test di jalan tol dilakukan di 21 lokasi titik pengecekan yang terbagi dalam 2 kelompok:

Untuk jalan Tol Trans-Jawa yang dikelola Jasa Marga (dari Timur menuju Jakarta) terdapat 18 lokasi:

- 13 Lokasi di Rest Area Jalan Tol.

- 4 Lokasi di Pintu Masuk Tol Utama.

- 1 Lokasi di eks Gerbang Tol Cikarang Utama KM.31.

Untuk Jalan Tol Jakarta-Merak (dari Barat menuju Jakarta) terdapat 3 lokasi:

- 2 Lokasi di Rest-Area KM.45 dan KM.68.

- 1 Lokasi di Pintu Masuk Tol Cikupa.

Sebaliknya, random test Covid-19 di jalan nasional ada di beberapa lokasi dan untuk sementara diterapkan di 4 lokasi. Kebijakan ini akan disesuaikan dengan update kondisi di lapangan berdasarkan laporan dari Ditlantas Polda:

(a) Lokasi di Jembatan Timbang Balonggandu, Karawang –Jabar.

(b) Lokasi di Pos Tegal Gubug di Susukan, Cirebon –Jabar.

(c) Lokasi antara Indramayu –Jatibarang dan antara Sukabumi –Cianjur arah ke Jakarta.

“Informasi dari Kemenhub sudah lebih 1,5 juta orang yang melakukan perjalanan keluar Jakarta, karena itu perlu diantisipasi kembalinya pasca libur lebaran,” kata Airlangga.

Semua Gubernur di Sumatera dan Jawa juga diminta mengambil tindakan untuk mencegah potensi peningkatan kasus Covid-19 dengan melakukan pemeriksaan secara ketat dokumen PCR test / swab test Antigen / Genose setiap pelaku perjalanan arus balik di pos penyekatan dan titik pengecekan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto Covid-19 Rapid Test KPCPEN
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top