Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Niat Puasa Nisfu Syaban dan Keutamaannya

Kita dianjurkan untuk berpuasa suna pada bulan Sya‘ban untuk menghormati bulan mulia ini.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 Maret 2021  |  13:38 WIB
Nisfu Syaban
Nisfu Syaban

Bisnis.com, JAKARTA - Sya‘ban merupakan salah satu bulan mulia di sisi Allah.

Kita dianjurkan untuk berpuasa suna pada bulan Sya‘ban untuk menghormati bulan mulia ini.

Pada bulan Sya’ban diperintahkkan kepada kita untuk memperbanyak puasa sunnah, lebih banyak dari bulan-bulan yang lain. Mengenai puasa sunnah yang dilakukan oleh Nabi s.a.w., diriwayatkan Aisyah r.a. bahwa suatu saat Nabi s.a.w. terus berpuasa sunnah, sehingga kami berpandangan bahwa beliau tidak pernah berbuka (tidak berpuasa sunnah).

Kita dianjurkan untuk melafalkan niat puasa sunah Sya‘ban di malam harinya. Berikut ini lafal niat puasa Sya‘ban dikutip dari Nu.or.id

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”

Orang yang ingin berpuasa Sya‘ban di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat puasa di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan memansang niat sunah puasa Sya‘ban seketika itu juga.

Kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib. Untuk puasa sunah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Adapun amalan yang dianjurkan pada malam nisfu syaban adalah sebagai berikut

Pertama, memperbanyak doa. Kedua, membaca sebanyak-banyaknya dua kalimat syahadat atau kalimat Lailâha illa-Llâh Muhammadan rasûlull-Llâh. Ketiga, memperbanyak istighfar karena tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Itulah manusia.

Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab.

Keistimewaan bulan ini dimulai semenjak dari awal bulan hingga akhir bulan. Akan tetapi keistimewaan yang lebih terdapat pada malam Nisfu Sya’ban. Yaitu malam ke lima belas pertengahan bulan sya’ban.

Pada malam inilah sebagaimana dijelaskan dalam hadits shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu, “Allah mendatangi semua makhlukNya dan memberikan ampunan kepada mereka atas segala dosa kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang saling bermusuhan”


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top