Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Zulhas Sebut Utang Dari AS-China Ancam Kedaulatan Indonesia

Skema utang China yang masuk melalui sovereign wealth fund (SWF) akan mengancam ideologi Indonesia jika tidak dikelola dengan baik.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  20:58 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) melambaikan tangan saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/2/2020). - ANTARA / M Risyal Hidayat
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) melambaikan tangan saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/2/2020). - ANTARA / M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengingatkan pemerintah akan bahaya perang dagang antara Amerika Serikat dan China bagi ideologi dan kedaulatan Indonesia.

“Salah satu tali kekangnya adalah utang,” katanya dalam Pidato Kebangsaan dikutip dari YouTube Zulkifli Hasan, Rabu (24/3/2021).

Lebih lanjut, skema utang China yang masuk melalui sovereign wealth fund (SWF) akan mengancam ideologi Indonesia jika tidak dikelola dengan baik.

Setali tiga uang, Amerika juga melakukan hal yang sama tetapi melalui Dana Moneter Internasional (IMF), World Bank, dan yang lainnya.

Zulhas, biasa Zulkifli Hasan disapa, menilai proyek-proyek besar yang menarik banyak investasi biasanya juga akan menarik tenaga kerja asing masuk ke dalam Tanah Air.

“Gelombang pekerja asing akibat syarat mengalirnya investasi seperti yang pernah terjadi di waktu belakang ini bisa mengancam kedaulatan kita dalam berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Ancaman-ancaman tersebut, sambungnya, juga diperparah dengan pergeseran budaya sosial politik yang cenderung liberal dan menjauh dari musyawarah-mufakat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china partai amanat nasional SWF Indonesia
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top