Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ragukan Vaksin China, Filipina Akhirnya Mulai Vaksinasi Covid-19

Hampir setengah dari orang Filipina cenderung menolak vaksin Covid-19 terutama karena masalah keamanan, menurut survei yang dirilis pada Januari.
Vaksin Sinovac/ugm.ac
Vaksin Sinovac/ugm.ac

Bisnis.com, JAKARTA - Filipina hari ini, Senin (1/3/2021), mulai melakukan vaksinasi Covid-19 pertama menggunakan dosis Sinovac Biotech Ltd. yang disumbangkan oleh China dan  berencana membuka kembali ekonomi yang mengalami kemerosotan terburuk tahun lalu setelah sebaran wabah meningkat.

Direktur Rumah Sakit Umum Filipina yang dikelola negara, Gerardo Legaspi menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin Sinovac dan selanjutnya lebih banyak vaksinasi dilakukan  di rumah sakit umum di wilayah Metro Manila.

“Jangan menunggu vaksin terbaik. Tidak ada hal seperti itu," kata Carlito Galvez, yang memimpin upaya pengadaan vaksin nasional seperti dikutip Bloomberg.com, Senin (1/3/2021).

Dia menambahkan, bahwa vaksin terbaik adalah yang aman dan efektif dan datang lebih awal.

Filipina termasuk yang terakhir di kawasan Asia Tenggara memulai vaksinasi Covid-19. Malaysia dan Thailand memulai beberapa hari sebelumnya, sementara Singapura dan Indonesia bahkan lebih awal.

Filipina memiliki wabah terburuk kedua di Asia Tenggara, dengan infeksi harian meningkat di atas 2.000 dalam beberapa hari terakhir.

Presiden Rodrigo Duterte mengatakan kemarin, bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk melonggarkan pembatasan lebih lanjut setelah persediaan vaksin negara mencapai dua  juta dan begitu vaksinasi mencapai pedesaan.

“Begitu saya lihat kita punya banyak vaksin, saya akan buka semuanya,” ujarnya.

Namun, hampir setengah dari orang Filipina  cenderung menolak vaksin Covid-19 terutama karena masalah keamanan, menurut survei yang dirilis pada Januari. Kepercayaan publik terhadap produk China juga secara konsisten rendah, bahkan setelah Duterte membangun hubungan yang hangat dengan Beijing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper