Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, Jokowi Lantik Gubernur Sumbar, Kepri dan Bengkulu

Gubernur-Wakil Gubernur Sumatra Barat yang akan dilantik adalah Mahyeldi dan Audy Joinaldy.
Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, Mahyeldi-Audy Joinaldi./Antararn
Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, Mahyeldi-Audy Joinaldi./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan melantik beberapa gubernur terpilih Pilkada 2020 pada hari ini, Kamis (25/2/2021).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, bahwa sebanyak tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik tersebut.

“Sumbar, Kepri, dan Bengkulu ,” katanya kepada awak media, Kamis (25/2/2021)

Gubernur-Wakil Gubernur Sumatra Barat yang akan dilantik adalah Mahyeldi dan Audy Joinaldy. Gubernur-Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan Marlin Agustina, dan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah-Rosjonsy.

Sebelumnya, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Dikominfo) Sumbar, Jasman Rizal di Padang, Rabu (24/2/2021), mengatakan bahwa untuk pelantikan tersebut pejabat Pemprov Sumbar tidak ada yang diundang. Undangan hanya diberikan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih beserta istri ditambah dengan Ketua DPRD Sumbar.

"Sekarang Penjabat Gubernur Sumbar sudah berangkat ke Jakarta untuk persiapan pelantikan gubernur dan wakil Gubernur Sumbar terpilih," katanya.

KPU Sumbar dan DPRD sudah menetapkan Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldi pemenang Pilgub Sumbar 2020. Pasangan diusung koalisi PKS dan PPP ini meraih sebanyak 726.853 suara. Mereka unggul dari pasangan nomor urut 2 dari Partai Gerindra Nasrul Abit – Indra Catri yang memperoleh 679.069 suara.

Pasangan nomor urut 1, Mulyadi-Ali Mukhni dari koalisi Demokrat-PAN menempati posisi ketiga dengan meraih  614.477 suara. Di posisi terakhir ada pasangan Fakhrizal-Genius Umar dari koalisi Golkar, Nasdem dan PKB yang hanya mengumpulkan 220.893 suara.

KPU Sumbar juga mencatat pada pemilihan gubernur tahun ini, sebanyak 2.313.278 pemilih atau sekitar 61,68 persen dari daftar pemilih menyalurkan hal pilihannya. Dari jumlah itu, 2.241.292 suara dinyatakan sah dan 71.986 tidak sah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper