Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Vaksinasi Lansia, Ini Usulan Satgas NU Peduli Covid-19

Antusiasme warga lansia pada vaksinasi adalah pertanda baik. Namun, niatan baik ini kalau tidak terorganisir akan menjadi bumerang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menanggapi tingginya antusiasme warga lansia untuk mengikuti vaksinasi, Nadhlatul Ulama memberikan sejumlah tawaran solusi agar vaksinasi Covid-19 bisa dipercepat.

Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Makky Zamzami mengatakan antusiasme warga lansia pada vaksinasi adalah pertanda baik. Namun, niatan baik ini kalau tidak terorganisir akan menjadi bumerang.

“Antusiasme ini harus ditangkap dengan manajemen distribusi vaksin yang lebih merata. Di Jakarta harapannya tiap kota madya ada sentral vaksin di satu tempat, yang jangan di rumah sakit. Bisa gunakan hotel, fokus buat pusat vaksin lansia,” jelasnya pada konferensi pers KPC PEN, Senin (22/2/2021).

Hal ini, kata Makky, belum disampaikan secara resmi kepada pemerintah karena pihak NU masih memantau dan baru sekadar saran.

“Yang dilakukan pemerintah sudah cukup baik, tapi untuk lansia kita bisa punya strategi khusus. Karena vaksin harus segera apalagi angka kematian lansia akibat Covid-19 sampai 47 persen,” ujarnya.

Sampai saat ini, ujar Makky, anggota NU yang meninggal terkait Covid-19 sudah mencapai lebih dari 320 orang.

Sebagian besar meninggal karena komorbid dan usia di atas 60. Walaupun tanpa komorbid, ujar Makky, risikonya lebih besar.

“Kami siap bantu dukung vaksinasi lansia terutama untuk Kiai dan Bu Nyai, karena mereka aset bangsa. Kita harus kerja sama dengan baik, kolaborasi memperkuat distribusi,” tambah Makky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper