Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ngeri, Puing-puing Pesawat Jatuh di Dekat Perumahan

Salah satu mesin pesawat mengalami kerusakan yang sangat parah namun bisa mendarat dengan selamat, dan tidak ada korban terluka dalam insiden tersebut.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Februari 2021  |  10:24 WIB
Pesawat maskapai penerbangan United Airlines - Reuters
Pesawat maskapai penerbangan United Airlines - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Puing-puing dari pesawat United Airlines jatuh ke pinggiran kota Denver saat pendaratan darurat pada Sabtu (20 Februari).

Salah satu mesin pesawat mengalami kerusakan yang sangat parah namun bisa mendarat dengan selamat, dan tidak ada korban terluka dalam insiden tersebut.

Administrasi Penerbangan Federal mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Boeing 777-200 kembali ke Bandara Internasional Denver setelah mengalami kerusakan mesin kanan tak lama setelah lepas landas. Penerbangan 328 sedang terbang dari Denver ke Honolulu ketika insiden itu terjadi, kata badan tersebut dilansir dari Channel News Asia.

United mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa ada 231 penumpang dan 10 awak pesawat. Maskapai tidak merilis rincian lebih lanjut.

Departemen Kepolisian Broomfield memposting foto di Twitter yang menunjukkan potongan-potongan besar berbentuk lingkaran bersandar di sebuah rumah di pinggiran kota sekitar 40km utara Denver. Polisi meminta siapa pun yang terluka untuk memberikan informasi lebih lanjut.

Tyler Thal, yang tinggal di daerah itu, mengatakan dia sedang berjalan-jalan bersama keluarganya ketika dia melihat sebuah pesawat komersial besar terbang sangat rendah dan mengeluarkan teleponnya untuk merekamnya.

“Saat saya melihatnya, saya melihat ledakan dan kemudian awan asap dan beberapa puing berjatuhan darinya. Itu seperti titik di langit, dan saat saya mengamatinya, saya memberi tahu keluarga saya apa yang baru saja saya lihat dan kemudian kami mendengar ledakannya, "katanya.

Video yang diposting di Twitter menunjukkan mesin sepenuhnya dilalap api saat pesawat terbang di udara.

Pakar keselamatan penerbangan mengatakan pesawat itu tampaknya mengalami kerusakan mesin yang tidak terkendali.

Peristiwa seperti itu sangat jarang terjadi dan terjadi ketika cakram di dalam mesin mengalami semacam kegagalan dan merusak selubung lapis baja di sekitar mesin yang dirancang untuk menahan kerusakan, kata John Cox, pakar keselamatan penerbangan.

“Disk yang tidak seimbang itu memiliki banyak gaya di dalamnya, dan berputar pada beberapa ribu rotasi per menit, dan ketika Anda memiliki gaya sentrifugal sebesar itu, ia terlempar,” katanya dalam wawancara telepon.

Pilot berlatih bagaimana menangani kejadian seperti itu sesering mungkin dan akan segera mematikan apapun yang mudah terbakar di mesin, termasuk bahan bakar dan cairan hidrolik menggunakan satu sakelar, kata Cox.

Mantan Ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Jim Hall menyebut insiden itu hanyalah contoh lain dari retakan dalam budaya keselamatan penerbangan yang perlu ditangani.

Hall, yang menjadi anggota dewan sejak 1994-2001, mengkritik FAA selama dekade terakhir yang seolah membiarkan produsen menyediakan pengawasan penerbangan yang dibayar oleh publik.

Tapi dia mengatakan sebagian besar insiden seperti itu tidak mengakibatkan hilangnya nyawa, kata Cox.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

faa united airlines
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top