Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bill Gates: Suntikan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 Mungkin Diperlukan

Bill Gates membiayai studi sejumlah produsen vaksin seperti AstraZeneca, Johnson & Johnson dan Novavax agar produknya efektif melawan varian baru di Afrika Selatan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  16:07 WIB
Bill Gates - Istimewa
Bill Gates - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Filantropis Bill Gates mengatakan penyuntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 mungkin diperlukan untuk menghadapi kekhawatiran munculnya varian baru di Afrika Selatan.

Hal ini diungkapkannya dalam wawancara di CBS Evening News yang dipandu oleh Norah O’Donnell, Selasa (17/2/2021).

“Masalahnya apakah kita hanya membutuhkan vaksin dengan keampuhan tinggi seperti yang sekarang atau kita perlu dosis ketiga dengan vaksin yang sama atau kita butuh vaksin yang dimodifikasi?,” kata Gates.

Menurutnya, masuk akal jika orang-orang membutuhkan suntikan vaksin ketiga karena varian baru telah sampai di AS sehingga mereka tidak ingin luput dari proteksi vaksin. Kelima perusahaan yang memiliki vaksin AS juga sedang membuat modifikasi yang memungkinkan akan memberikan suntikan ketiga.

Seperti diketahui, Gates membiayai studi di Afrika Selatan kepada sejumlah produsen vaksin seperti AstraZeneca, Johnson & Johnson dan Novavax agar produknya efektif melawan varian baru.

"AstraZeneca khususnya memiliki tantangan dengan varian tersebut. Dan dua lainnya, Johnson & Johnson dan Novavax, sedikit kurang efektif, tetapi masih cukup efektif sehingga kita benar-benar harus mengeluarkannya secepat mungkin sementara kami menyusun vaksin ini," kata Gates.

Untuk itu, suntikan tambahan mungkin diperlukan untuk memberantas virus Covid-19. “Mungkin tidak tahunan, tetapi sepanjang [virus] masih ada, kami berharap sebanyak mungkin rakyat AS tidak menyebarkan satu sama lainnya," ungkap Bill Gates.

Dalam keterangan sebelumnya, mantan Kepala Pengawas Obat dan Makanan AS Scott Gottlieb meyakini bahwa vaksin yang saat ini didistribusikan di AS akan memberikan proteksi yang wajar terhadap strain baru.

Kendati demikian, dia mengatakan mungkin otoritas perlu memberikan suntikan penguat pada musim gugur nanti.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bill gates Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top