Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keterisian Wisma Atlet Capai 82,73 Persen

Sebelumnya hunian Wisma Atlet sekitar 50-60 persen, sekarang lebih dari 80 persen.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  12:21 WIB
Gedung Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, tempat perawatan dan karantina pasien Covid-19. - Antara/Ariella Annasya
Gedung Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, tempat perawatan dan karantina pasien Covid-19. - Antara/Ariella Annasya

Bisnis.com, JAKARTA – Kenaikan kasus usai liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mulai terasa. Keterisian Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet saat ini sudah mencapai 82,73 persen.

Koordinator, RSDC Wisma Atlet Tugas Ratmono mengatakan sebelumnya sudah diingatkan bahwa dua pekan setelah liburan akan terjadi peningkatan kasus, dan benar terjadi.

“Sebelumnya hunian Wisma Atlet sekitar 50-60 persen, sekarang lebih dari 80 persen,” ujar Tugas dalam konferensi pers, Senin (18/1/2021).

Tugas menyebut, pihaknya sudah mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan perubahan fungsi pada empat tower yang ada di Wisma Atlet Kemayoran.

“Ternyata jenis penyakitnya berubah dari yang tadinya banyak yang [gejala] ringan dan OTG, sekarang banyak yang ke arah bergejala. Jadi kami putuskan yang merawat bergejala kita kumpulkan dan fokuskan di Kemayoran,” ujar Tugas.

Sementara itu, untuk pasien yang tanpa gejala diarahkan ke Tower 8 dan 9 di Wisma Atlet Pademangan.

Untuk RSDC Wisma Atlet Kemayoran, hunian saat ini mencapai 82,73 persen. Jumlah pasien saat ini 4.959, dari total bed yang disiapkan 5.994.

“Semua pasien terdiri dari yang bergejala ringan, bergejala sedang, dan bahkan bergejala. Tapi yang gejala berat kita persiapkan rujukan ke RS Covid-19 DKI, tapi tentu tidak mudah,” ujar Tugas.

Dalam mempersiapkan lonjakan kasus, Wisma Atlet telah mempersiapkan ruangan ICU transisi berkapasitas 20 bed, HCU 27 bed, INCU 94 bed, dan IGD.

Selain itu, rencananya Wisma Atlet juga akan mendapat tambahan 400 perawat.

“Beberapa hari sekali juga kita tambahkan. Hari ini datang 80 perawat. Dokter juga kita tambah, dan tenaga non medis kita tambahkan termasuk tenaga laboratorium, farmasi kita tambah juga. Tambahan untuk bagian limbah juga, karena pertambahan ini akan berdampak pada limbah yang cukup besar. Begitu juga penambahan sarana dan prasarana,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

WISMA ATLET Covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top