Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Pelantikan, Joe Biden Gagas Rencana 10 Hari Pertama

Joe Biden menyiapkan rencana 10 hari pertama untuk mengatasi empat krisis yang tumpang tindih dan majemuk.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 17 Januari 2021  |  08:29 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden membahas UU Perlindungan kesehatan Affordable Care Act (Obamacare) dalam jumpa pers di Wilmington, Delaware, AS, 10 November 2020. - Antara/Reuters\r\n
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden membahas UU Perlindungan kesehatan Affordable Care Act (Obamacare) dalam jumpa pers di Wilmington, Delaware, AS, 10 November 2020. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden menggagas sejumlah kebijakan eksekutif untuk membatalkan beberapa kebijakan Presiden Donald Trump yang paling kontroversial dan mengatasi pandemi virus corona.

Dilansir Bloomberg, Kepala Staf Joe Biden Ron Klain pada Sabtu (16/1/2021) mengatakan dalam memo kepada penasihat Gedung Putih yang akan datang bahwa Biden menggagas rencana 10 hari pertama untuk mengatasi empat krisis yang tumpang tindih dan majemuk.

Keempat krisis tersebut yaitu pandemi Covid-19 yang telah merenggut hampir 400.000 nyawa di AS, kemerosotan ekonomi karena pandemi, perubahan iklim, dan persoalan kesetaraan ras setelah gerakan Black Lives Matter.

“Dalam 10 hari pertamanya menjabat, Presiden terpilih Biden akan mengambil tindakan tegas untuk mengatasi empat krisis ini, mencegah bahaya lainnya, dan memulihkan AS di mata dunia,” tulis Klain, seperti dikutip Bloomberg.

Klain mengatakan Biden akan mulai dengan sekitar belasan perintah eksekutif pada hari pelantikannya, Rabu (20/1/2021), meskipun hari itu biasanya akan lebih diisi oleh upacara pelantikan dan perayaan daripada pekerjaan kepresidenan.

Namun, pelantikan Joe Biden tidak akan semeriah pelantikan presiden sebelumnya karena wabah virus corona dan masalah ancaman terhadap keamanan.

Arahan hari pertama akan fokus pada langkah-langkah untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan dampak terhadap ekonomi, termasuk perpanjangan pinjaman siswa setelah 31 Januari dan perpanjangan moratorium penggusuran dan penyitaan.

Biasanya, hari pertama kepresidenan lebih merupakan konsep retoris untuk setiap pemerintahan baru dan presiden baru mulai benar-benar bekerja penuh dalam beberapa hari setelahnya.

Namun selama kampanye dan sejak pemilihannya, Biden telah berulang kali menjanjikan tindakan pada hari pertama ia menjabat yang masuk dalam daftar prioritasnya.

Memo Klain tersebut adalah upaya pertama tim transisi untuk meredam ekspektasi tersebut dengan daftar tugas yang ambisius tetapi dapat dicapai.

“Biden akan menyebarkan beberapa perintah selama 10 hari pertama untuk menyoroti tindakan yang diambil presiden terpilih," kata Klain.

Rencana 10 hari Biden juga mencakup arahan presiden tentang pembukaan kembali sekolah dan bisnis yang aman, dan rencana bantuan ekonomi terkait Covid-19 pada 21 dan 22 Januari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Joe Biden
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top