Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lawan Dominasi Amazon, Walmart Bentuk Fintech

Bersaing ketat dengan Amazon.com, membuat Walmart tidak punya pilihan lain selain meningkatkan dominasinya melalui sejumlah inovasi.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  14:56 WIB
Walmart - Reuters
Walmart - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan ritel Walmart Inc. membentuk perusahaan rintisan fintech untuk memperluas jangkauannya kepada jutaan pelanggannya.

Berdasarkan keterangan resminya, dikutip dari Bloomberg, Selasa (12/1/2021), Walmar menjalin kerja sama dengan Ribbit Capital, yang juga merupakan investor dari sebuah perusahaan penyedia platform saham Robinhood.

Rencananya, kedua perusahaan ini akan membentuk usaha patungan yang fokus memberikan layanan keuangan berbasis teknologi bagi masyarakat. Perusahaan ritel AS ini akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam usaha patungan ini.

Bersaing ketat dengan Amazon.com, membuat Walmart tidak punya pilihan lain selain meningkatkan dominasinya melalui sejumlah inovasi. Walmart terus mengembangkan sejumlah inovasi, termasuk meluncurkan klinik kesehatan berbiaya murah dan masuk ke dalam bisnis asuransi.

Ambisi besar Walmart kemungkinan tak jauh berbeda dengan Alibaba di Asia, dimana perusahaan milik Jack Ma tersebut memiliki bisnis ritel online dan penyedia layanan keuangan dalam satu platform.

Namun, pembentukan perusahaan fintech itu bukanlah bisnis finansial pertama Walmart. Perusahaan ini bahkan sudah memiliki Walmart MoneyCenter dimana konsumen bisa mencairkan cek, menerima layanan persiapan pajak, dan mengirim uang ke luar negeri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

walmart fintech

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top