Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia Penjaga Penularan Covid-19 di Keluarga

Klaster keluarga beberapa waktu terakhir menjadi tempat penularan Covid-19 terbanyak.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  19:38 WIB
Update kasus Covid-19 di Indonesia per 11 Januari 2020.  - BNPB
Update kasus Covid-19 di Indonesia per 11 Januari 2020. - BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Ibu menjadi unjung tombak penerapan protokol kesehatan Covid-19 di dalam keluarga.

"Ibu ini yang menjadi pokok, yang terus harus mengingatkan kepada seluruh anggota keluarganya untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Dwi Listyawardani dalam talkshow virtual berjudul "Pandemic Fatigue, Jangan Pernah Menyerah!" , Senin (11/1/2021).

Seperti diketahui, klaster keluarga beberapa waktu terakhir menjadi episentrum penularan Covid-19. Oleh karena itu satgas BNPB juga menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di dalam rumah.

"Keluarga hingga saat ini masih di anggap tempat kita untuk tidak bersekat. Satgas menganjurkan untuk tetap memakai masker di dalam rumah," kata Dwi dikutip pada Senin (11/1/2021).

Bukan tidak beralasan, permintaan memakai masker di dalam rumah dikarenakan saat ini anggota keluarga tidak semuanya bisa tetap berada di rumah. Sementara ketika keluar rumah, resiko tertular virus Corona dan juga menularkan ke keluarga akan ada.

Upaya pencegahan ini setidaknya makin ketat diterapkan apalagi saat ini kita menghadapi keterbatasan ungkap Dwi. Keterbatasan rumah sakit, keterbatasan tempat isolasi, apalagi keterbatasan ICU, dan juga tenaga kesehatan.

"Mungkin karena ibu itu lebih bisa menahan emosi, bisa memahami anggota keluarganya satu per satu dibandingkan mungkin anggota keluarga yang lain," jelas Dwi.

Sementara itu kasus positif Covid-19 hari ini, Senin (11/1/2021) tercatat bertambah 8.692 orang. Dengan demikian secara kumulatif kasus positif menjadi 836.718 orang.

Sebelumnya, Kasus positif Covid-19 hari ini, Minggu (10/1/2021) tercatat bertambah 9.640 orang. Dengan demikian secara kumulatif kasus positif menjadi 828.026 orang.

 Penurunan temuan kasus positi hari ini, Senin (11/1/2020) seiring dengan penurunan jumlah spesimen yang diperiksa. Kementerian Kesehatan mencatat pemeriksaan terhadap 38.061 orang, sedangkan hari sebelumnya 46.025 orang. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top