Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi: Ini Bukan untuk Gagah-gagahan

Presiden Jokowi menegaskan bahwa renovasi masjid Istiqlal menjadi megah bukan untuk gagah-gagahan.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  18:42 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian renovasi masjid Istiqlal, Jakarta pada Kamis, 7 Januari 2021 / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian renovasi masjid Istiqlal, Jakarta pada Kamis, 7 Januari 2021 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peresmian renovasi masjid Istiqlal, Jakarta pada Kamis (7/1/2021). Proyek renovasi masjid Istiqlal ini menelan biaya Rp511 miliar dari APBN.

"Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi. Renovasi masjid Istiqlal ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun yang lalu dan menelan biaya Rp511 miliar dari APBN," kata Jokowi dalam acara peresmian renovasi masjid Istiqlal yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (7/1/2021).

Setelah renovasi selesai dilakukan, Jokowi mengatakan masjid Istiqlal kini berubah total dan nampak seperti bangunan baru.

Dia pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam renovasi masjid Istiqlal karena tidak hanya memaksimalkan masjid sebagai fungsi ibadah tapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika dan tetap mempertahankan pada kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid.

"Landscape-nya ditata ulang dan terlihat semakin tertata rapi, lantainya juga saya sudah lihat 3 kali lebih berkilau. Tata cahayanya juga diganti, sangat modern dan indah. Sungai yang membelah Istiqlal juga menjadi bersih dan rapi," ujar Jokowi.

Meskipun demikian, Jokowi menegaskan bahwa renovasi masjid Istiqlal ini bukan untuk gagah-gagahan dan masjid Istiqlal ini bukan hanya menjadi kebanggaan dari umat Islam saja, tetapi kebanggaan bangsa Indonesia.

"Renovasi masjid Istiqlal agar semakin megah bukan ini untuk gagah-gagahan, bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam tapi juga kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita indonesia. Harus diingat masjid ini juga didirikan sebagai ungkapan rasa sykur atas rahmat Allah SWT sehingga Indonesia mendapat kemerdekaan," paparnya.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di Indonesia, Jokowi berharap masjid Istiqlal bisa menjadi contoh untuk masjid-masjid dari negara lainnya dalam mengembangkan syiar islam yang menyejukkan, membangun toleransi dan membangun perdamaian.

"Saya pesan kepada badan pengelola agar menjaga masjid istiqlal ini dengan baik dan tetap bersih sehingga jadi tetap nyaman untuk umat muslim dalam melaksanakan kegiatan keagamaan," ujar Jokowi.

Adapun, berkaitan dengan pandemi Covid-19, Jokowi mengingatkan agar segala kegiatan yang dilakukan di masjid iItiqlal baik untuk beribadah atau kegiatan lainnya untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Untuk diketahui, Pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal untuk pertama kalinya sejak 42 tahun lalu dimulai pada Mei 2019. Imam Besar Masjid Nasaruddin Umar mengatakan proses renovasi melibatkan sekitar 1.000 pekerja. "Proses renovasi diselesaikan selama 14 bulan," ujar Nasaruddin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi masjid istiqlal
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top