Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bersiap Hadapi Lonjakan Covid-19, Menkes Maksimalkan Proteksi Nakes

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menekankan pentingnya untuk memastikan seluruh nakes terlindungi dan tertangani dengan baik.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 26 Desember 2020  |  16:45 WIB
Tenaga medis penanganan Covid/19 memeriksa pasien di RSUD Kabupaten Musi Banyuasin. istimewa
Tenaga medis penanganan Covid/19 memeriksa pasien di RSUD Kabupaten Musi Banyuasin. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan perlindungan kepada tenaga kesehatan di tengah upaya mengatasi pandemi virus Corona atau Covid-19.

Menkes Budi menekankan pentingnya untuk memastikan seluruh nakes terlindungi dan tertangani dengan baik, mulai dari asupan gizi sampai memastikan nakes tidak kelelahan.

''Tenaga kesehatan adalah garda terdepan yang saya ingin pastikan kita maksimalkan perlindungan yang bisa kita berikan kepada mereka. Menurut saya sudah terlalu banyak kita kehilangan tenaga kesehatan dan adalah kewajiban kita untuk melindungi mereka,'' jelas Menteri Kesehatan dalam keterangan resmi, Jumat (25/12/2020).

Hal itu diungkapkan Budi Gunadi Sadikin saat memastikan kesiapan fasilitas layanan kesehatan sebagai antisipasi terhadap lonjakan kasus positif Covid-19 pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Kemenkes telah menyiapkan sejumlah strategi antara lain optimalisasi tempat tidur milik RSUD dan RS swasta, penambahan tempat tidur khusus Covid-19 di RS non RSUD, penambahan RS rujukan baru, penambahan 740 tempat tidur baru untuk di ruang ICU, isolasi di RS vertikal Kemenkes, dan penataan kembali sistem rujukan layanan kesehatan Covid -19, serta beberapa upaya lainnya.

''Mengingat setelah libur panjang ada kenaikan kasus berkisar antara 20-40 persen. Jadi saya ingin memastikan tempat tidur siap, ICU siap, tenaga kesehatan siap, APD siap dan obat-obatannya juga siap,'' katanya.

Oleh karena itu, Menkes juga mengimbau masyarakat agar tetap menegakan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan setiap saat, khususnya pada masa liburan ini. Menurutnya, itu merupakan kunci utama agar untuk menekan kenaikan kasus Covid-19.

''Di masa pandemi ini, tolong pastikan bahwa hari besar ini kita jalani dengan damai dan sehat, jangan lupa usahakan untuk tinggal di rumah dan terus pastikan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Ini yang harus kita lakukan terus, untuk mencegah jangan sampai keluarga kita terkena Covid-19,'' jelas Menkes.

Adapun, Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan tambahan kasus positif virus Corona mencapai 6.740 orang per hari ini, Sabtu (26/12/2020). Dengan demikian total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 706.837 orang.

Pada saat yang sama, penambahan kasus sembuh mencapai 6.389 orang sehingga secara akumulasi mencapai 576.693 pasien yang telah sembuh dari Covid-19.

Penambahan kasus kematian akibat wabah virus Corona pada hari ini mencapai 147 orang. Dengan begitu, total kasus kematian akibat wabah ini mencapai 20.994 orang pada hari ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top