Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Agama Berganti, Klaim Menteri bagi Semua Agama Berlanjut

Dalam seremoni serah terima jabatan di Kementerian Agama, Rabu (23/12/2020), Menag Yaqut Cholil menegaskan komitmennya untuk menjadi menteri bagi semua agama.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  10:39 WIB
Fachrul Razi, Menag periode Oktober 2019 - Desember 2020, (dari kiri), Yaqut Cholil Qoumassebagai Menteri Agama baru, dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi di sela-sela seremoni serah terima jabatan Menag, Rabu (23/12/2020) - Youtube/Kemenag RI
Fachrul Razi, Menag periode Oktober 2019 - Desember 2020, (dari kiri), Yaqut Cholil Qoumassebagai Menteri Agama baru, dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi di sela-sela seremoni serah terima jabatan Menag, Rabu (23/12/2020) - Youtube/Kemenag RI

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Jokowi kemarin telah resmi melantik Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi yang menjabat sejak Oktober 2019.

Dalam seremoni serah terima jabatan di Kementerian Agama, Rabu (23/12/2020), Menag yang akrab disapa Gus Yaqut menegaskan komitmennya untuk menjadi menteri bagi semua agama. Dia menekankan bahwa tidak boleh ada perbedaan perlakuan dan diskriminasi bagi semua agama di Indonesia.

“Mari kita buktikan kementerian agama ini bukan hanya kementerian titik [tanda baca], tapi kementerian semua agama...Tidak boleh ada perbedaan, tidak boleh ada diskriminasi bagi semua agama di Indonesia,” tegas Gus Yaqut.

Dia mengatakan melalui Kemenag, pihaknya ingin menjadikan agama sebagai inspirasi, bukan aspirasi. Tujuan itu, jelas dia, akan dicapai dengan menumbuhkan sikap saling menghormati antarpemeluk, antarmereka yang berbeda keyakinan.

Gus Yaqut menekankan akan berusaha mengembalikan agama pada fungsinya yang mendamaikan. Agama, jelasnya, diharapkan menjadi jalan untuk melakukan resolusi konflik atas semua persoalan.

“Kita akan menolak gerakan yang ingin menjadikan agama sebagai sumber konflik dan perpecahan. Semua harus berangkat dari Kemenag ini,” tandasnya.

Penegasan komitmen itu tidak berbeda dari apa yang diungkapkan pendahulunya yakni Fachrul Razi ketika memulai aktivitasnya di Kementerian Agama setelah dilantik Jokowi pada 23 Oktober 2019.

Kepada awak media, Fachrul Razi menyatakan komitmennya dalam memimpin Kemenag dan akan mengayomi seluruh umat beragama di Indonesia, bukan hanya dari satu agama saja.  

“Saya garis bawahi ya saya ini bukan Menteri Agama Islam. Saya Menteri Agama Republik Indonesia yang menangani berbagai macam-macam agama ya,” ujar Fachrul Razi seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Saat diperkenalkan dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta pada 2019, Presiden Jokowi meminta Fachrul Razi untuk mengatasi masalah radikalisme, ekonomi umat, industri halal, hingga urusan haji.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag Yaqut Cholil Qoumas Kabinet Jokowi-Ma'ruf Fachrul Razi
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top