Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Reshuffle Kabinet, Calon Menag Bicara Soal Persatuan dan Persaudaraan

Salah satu fokus calon menteri agama baru adalah menghilangkan perasaan paling memiliki negara oleh kelompok dan agama tertentu.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  23:19 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin mengumumkan reshuffle pertama kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020).  - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin mengumumkan reshuffle pertama kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020). - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA -- Yaqut Cholil Qoumas berbicara mengenai persaudaraan sesama warga negara Indonesia usai diumumkan sebagai calon menteri agama oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020). Rencananya dia, bersama 5 calon menteri lainnya akan dilantik Rabu (23/12/2020).

“Penting ukhwah wathaniyah kita bangkitkan lagi agar tidak ada satu kelompok dan agama yang mengklaim merasa paling memiliki negara ini. Semua berhak memiliki negara ini,” katanya.

Dia melanjutkan bahwa ada pula ukhuwah basyariyah atau persatuan sesama umat manusia. “Saya sering mengutip dalam beberapa kesempatan yang disampaikan sahabat Ali bahwa siapa mereka yang tidak saudara dalam iman, adalah saudara dalam kemanusiaan,” katanya.

Menurut dia, hal itu penting untuk menjadi kesadaran bagi seluruh masyarakat Indonesia. apabila hal tersebut diamalkan, negara ini akan jauh lebih tenteram dan pembangunan ekonomi lebih mudah dijalankan.

Selain menjaga persatuan dan perdamaian umat, dia juga akan fokus pada pendidikan agama di lingkungan Kementerian Agama. “Agama apapun termasuk tentu di dalamnya adalah pondok pesantren, bagaimana pondok pesantren didorong mandiri dan pada akhirnya akan melahirkan kader-kader terbaik bangsa,” katanya.

Adapun Yaqut mengaku kaget saat pertama kali diminta Presiden Joko Widodo masuk ke kabinet Indonesia Maju sebagai menteri agama. Namun dia berjanji akan menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi hendak melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju. Ada 6 posisi menteri yang akan diganti, yaitu menteri sosial, menteri agama, menteri kesehatan, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, menteri kelautan dan perikanan, dan menteri perdagangan.

Selain Yaqut berikut nama para calon menteri:

Tri Rismaharini, yang sebelumnya menjabat Wali Kota Surabaya, mengisi posisi Menteri Sosial.

Sandiaga Salahudin Uno akan mengisi posisi nomor satu di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Budi Gunadi Sadikin, akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan.

Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono diangkat Jokowi untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Muhammad Lutfi, yang saat ini menjabat Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, kembali ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top