Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Peneliti AS Periksa Keampuhan Vaksin Atasi Corona Jenis Baru di Inggris

Para ilmuwan militer AS tengah memastikan apakah vaksin Corona bisa efektif bekerja atau tidak untuk melawan varian virus baru di Inggris yang diduga telah bermutasi.
Jarum suntik. /Bloomberg
Jarum suntik. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan di Institut Penelitian Angkatan Darat Walter Reed, Amerika Serikat memeriksa terkait varian virus baru Covid-19 yang diduga bermutasi dan menyebar dengan cepat di beberapa bagian Inggris.

Pemeriksaan yang dilakukan sejumlah ilmuwan militer AS itu dilakukan untuk memastikan apakah vaksin Corona bisa efektif bekerja atau tidak untuk melawan varian virus baru di Inggris yang diduga telah bermutasi tersebut.

Dr. Nelson Michael, direktur Pusat Penelitian Penyakit Menular di Institut Penelitian Angkatan Darat Walter Reed menyatakan meskipun selalu ada kekhawatiran bahwa vaksin Covid-19 tidak akan berhasil jika virus bermutasi secara signifikan, tapi para ilmuwan Walter Reed masih berharap vaksin tersebut akan efektif melawan varian baru ini.

"Masuk akal bahwa mutasi ini bukanlah ancaman, tetapi Anda tidak pernah tahu. Kami masih harus rajin dan terus mencari," kata Michael seperti dilansir CNN, Senin (21/12/2020).

Pada hari Kamis (17/12), tim Walter Reed mulai memeriksa urutan genetik dari varian virus Corona baru yang diposting secara online oleh para peneliti Inggris. Mereka melakukan analisis komputer sebagai langkah pertama.

"Analisis komputer akan memungkinkan kami untuk mengukur seberapa besar perhatian yang harus kami miliki. Tim lain di seluruh dunia juga melakukan analisis ini," jelas Michael.

Jika analisis komputer menunjukkan adanya kekhawatiran, maka penelitian perlu dilakukan di laboratorium dan pada hewan untuk lebih menentukan secara pasti apakah vaksin akan bekerja pada varian ini.

Pada konferensi pers hari Sabtu (19/12/2020) Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan pemberlakuan lockdown pada hari libur panjang di beberapa bagian Inggris yang memiliki kasus penyebaran mutasi baru.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa vaksin akan kurang efektif melawan varian baru. Para ahli kami akan melanjutkan pekerjaan mereka untuk meningkatkan pemahaman kami secepat mungkin," kata Johnson.

Kepala penasihat ilmiah Inggris setuju dengan pernyataan PM Johnson. "Asumsi kerja kami saat ini dari semua ilmuwan adalah bahwa respons vaksin harus memadai untuk virus ini," kata Dr. Patrick Vallance pada konferensi pers.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah mengesahkan dua vaksin, satu oleh Pfizer dan yang lainnya oleh Moderna. Keduanya bekerja dengan membuat cetak biru genetik untuk paku yang muncul di permukaan virus Corona baru. Sistem kekebalan "melihat" lonjakan dan belajar bagaimana melancarkan serangan terhadapnya.

Seperti varian baru atau galur Covid-19 lainnya, yang satu ini membawa sidik jari genetik yang membuatnya mudah dilacak, dan kebetulan itulah yang sekarang umum. Itu tidak berarti mutasi membuatnya menyebar dengan lebih mudah, juga tidak berarti variasi ini lebih berbahaya.

Beberapa ahli dalam genetika dan epidemiologi virus mencatat bahwa virus ini mungkin hanya jenis yang "beruntung" yang telah diperkuat karena peristiwa yang sangat menyebar; bisa jadi mutasi yang entah bagaimana membuatnya menyebar lebih mudah tanpa menyebabkan penyakit yang lebih serius; atau bisa jadi hanya kebetulan.

Pada bulan Agustus, tim Walter Reed menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa vaksin masih bekerja melawan beberapa mutasi lain dari virus Corona.

Dr. William Schaffner, penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS tentang vaksin mengatakan vaksin masih berguna karena virus terus bermutasi, tetapi biasanya tidak dengan cara yang membuat vaksin tidak berguna.

"Bahkan dengan mutasi, virus pada dasarnya tetap sama. Ini seperti dengan seseorang. Aku bisa mengganti mantel cokelatku dengan mantel abu-abu, tapi aku tetap Bill Schaffner. Aku sudah mengubah sesuatu, tapi aku tetap orang yang sama," ujar Schanffner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : CNN
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper