Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Real Count Pilkada 2020 di Daerah Banten, Dinasti Atut Berjaya

Penghitungan suara atau real count KPU pada empat kabupaten/kota di Provinsi Banten yang menyelenggarakan Pilkada 2020 sudah mencapai 100 persen.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  17:00 WIB
Tiga pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan menunjukan nomor urutnya di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (24/9/2020). Pilkada Tangsel diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yakni pasangan nomor urut satu Muhammad (diwakilkan) - Rahayu Saraswati (kiri), nomor urut dua Siti Nurazizah - Ruhamaben (tengah) dan nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan (kanan). - Antara/Muhammad Iqba\r\n
Tiga pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan menunjukan nomor urutnya di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (24/9/2020). Pilkada Tangsel diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yakni pasangan nomor urut satu Muhammad (diwakilkan) - Rahayu Saraswati (kiri), nomor urut dua Siti Nurazizah - Ruhamaben (tengah) dan nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan (kanan). - Antara/Muhammad Iqba\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Penghitungan suara atau real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada empat kabupaten/kota di Provinsi Banten yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 telah mencapai 100 persen pada Kamis (17/12/2020).

Empat kabupaten/kota yang menggelar Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Banten antara lain adalah Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Berikut ini adalah hasil real count Pilkada 2020 di Banten:

1. Kota Tangerang Selatan

Berdasarkan real count KPU, pasangan calon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan tercatat unggul jika dibandingkan dua paslon lainnya.

Paslon Benyamin-Pilar sukses meraup 40,9 persen suara, sedangkan paslon Muhamad-Rahayu Saraswati meraih 35,6 persen suara dan di posisi paling buncit ada paslon Siti Nurazizah-Ruhamaben dengan perolehan 23,5 persen suara.

Data KPU menunjukkan bahwa Paslon Benyamin-Pilar berhasil memenangkan suara terbanyak di 4 wilayah dari total 7 wilayah di Kota Tangerang Selatan.

Paslon yang diusung Partai Golkar ini unggul dalam perolehan suara di Serpong, Pondok Aren, Pamulang, dan Setu.

Sementara itu, kontestasi Pilkada di Tangsel ini menjadi perhatian publik karena wilayah tersebut dianggap sebagai pertarungan dari tiga dinasti yaitu dinasti Ratu Atut, dinasti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan dinasti Wapres Ma’ruf Amin.

Untuk diketahui, Pilar merupakan keponakan mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Adapun, Rahayu Saraswati merupakan keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sedangkan Siti Nurazizah merupakan putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Kemenangan Pilar pada Pilkada Tangsel ini semakin menambah daftar panjang keluarga Atut yang berkuasa di wilayah Banten.

2. Kabupaten Serang

Berdasarkan hasil penghitungan suara atau real count KPU, paslon Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa menang telak dengan perolehan 63,4 persen suara, sedangkan pesaingnya Nasrul Ulum-Eki Baihaki hanya berhasil meraup 36,6 persen suara. Suara yang masuk ke KPU ini sudah mencapai 100 persen.

Adapun, pasangan Ratu Tatu-Pandji diusung oleh 10 partai politik yakni Golkar, PAN, PDIP, PBB, PKS, PPP, Hanura, Berkarya, Nasdem, dan PKB.

Paslon tersebut berhasil meraih suara terbanyak di 28 wilayah dari 29 wilayah yang ada di Kabupaten Serang.

Ratu Tatu diketahui menjabat sebagai Bupati Serang sejak 17 Februari 2016. Dengan perolehan suara yang unggul pada Pilkada 2020, maka hampir dapat dipastikan Ratu Tatu akan lanjut menjabat sebagai Bupati Serang periode kedua.

Untuk diketahui, Ratu Tatu Chasanah merupakan adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Dia juga merupakan ibunda dari Pilar Saga Ichsan yang maju mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Tangsel berpasangan dengan Benyamin Davnie.

3. Kabupaten Pandeglang

Berdasarkan hasil real count KPU dengan suara yang masuk telah mencapai 100 persen, paslon Irna Narulita-Tanto Warsono Arban berhasil menang telak dengan perolehan suara 63,6 persen.

Sementara itu, paslon pesaingnya yaitu Thoni Fathoni-Miftahul Tamamy hanya meraup 36,4 persen suara.

Paslon Irna-Tanto berhasil memperoleh suara terbanyak di 34 wilayah dari total 35 wilayah yang ada di Kabupaten Pandeglang. 

Untuk diketahui, Tanto Warsono Arban merupakan menantu Ratu Atut Chosiyah, suami dari Andiara Aprilia Hikmat.

Tanto dikenal sebagai Wakil Bupati Pandeglang sejak 23 Maret 2016 dan pada Pilkada 2020, dia kembali maju mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Pandeglang.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Pandeglang, Tanto sempat menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR Banten periode 2014-2016.

4. Kota Cilegon

Berdasarkan real count KPU dengan suara yang masuk sudah mencapai 100 persen, pasangan calon Heldy Agustian-Sanuji Pentamarta meraih keunggulan suara jika dibandingkan tiga paslon lainnya.

Paslon Heldy-Sanuji meraih suara terbanyak yaitu 34,4 persen suara. Kemudian, paslon Ratu Ati Marliati-Sokhidin meraih 29,7 persen suara; paslon Ali Mujahidin-Firman Mutakin meraih 21,6 persen suara.

Sementara itu, di posisi paling buncit ada pasangan Iye Iman Rohiman-Awab dengan perolehan 14,3 persen suara.

Berdasarkan data KPU, Paslon Heldy-Sanuji unggul di tiga wilayah dari total delapan wilayah di Kota Cilegon.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu banten Pilkada Serentak ratu atut chosiyah Pilkada 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top