Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Quick Count Pilkada Jambi 2020 : Paling Tajir, Ibu Tiri Zumi Zola Unggul Tipis

Calon nomor urut satu dan tiga di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Jambi saling bekejaran dalam hitung cepat atau quick count. Paslon Cek Endra—Ratu Munawaroh tercatat menjadi kandidat paling tajir dibandingkan dengan kandidat lain.
Ratu Munawaroh, kandidat wakil gubernur nomor urut 1. Ratu Munawaroh merupakan istri dari Gubernur Jambi periode 1999--2004 dan 2005--2010, Zulkifli Nurdin./instagram @ratumuwaroh_z
Ratu Munawaroh, kandidat wakil gubernur nomor urut 1. Ratu Munawaroh merupakan istri dari Gubernur Jambi periode 1999--2004 dan 2005--2010, Zulkifli Nurdin./instagram @ratumuwaroh_z

Bisnis.com, JAKARTA - Perolehan suara pasangan calon nomor urut satu dan tiga di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Jambi saling bekejaran. Paslon nomor urut satu yang merupakan ibu tiri dari bekas Gubernur Jambi Zumi Zola unggul untuk sementara.

Berdasarkan data hitung cepat dari Charta Politika Indonesia pada Rabu (9/12/2020) pukul 19.24 WIB total sampel suara yang masuk sudah mencapai 99 persen.  Paslon nomor urut satu Cek Endra—Ratu Munawaroh memimpin sementara dengan perolehan suara 37,95 persen. 

Selanjutnya, perolehan suara dari paslon nomor urut tiga Al Haris—Abdullah Sani tercatat sebesar 36,99 persen. Paslon petahana nomor urut dua Fachrori Umar—Syafril Nursal hanya mampu mendapatkan suara sebanyak 25,06 persen.

Cek Endra meminta kepada semua pendukung dan tim tetap tenang sehingga fokus mengawal suara sampai dengan ditetapkan di KPU.

"Kita tetap menunggu hasil pleno KPU mohon kepada tim semuanya untuk kita tidak ber euforia dengan kemenangan ini jaga pleno pleno tingkat kecamatan dan Kabupaten ini tugas kita," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (9/12/2020).

Di lain pihak, Al-Haris-Sani mengaku masih bersabar menunggu hasil suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia mengaku unggul berdasarkan hitung cepat versi Lingkar Survei Indonesia (LSI)

"Di LSI memang kita menang tiga persen dengan total meraih suara 39,10 persen tetapi tetap saja kita ikuti aturan KPU menunggu hasil pleno dan rasanya saya tidak perlu lah klaim-klaim kemenangan," kata Al Haris.

Untuk diketahui,  pasangan Cek-Endra—Ratu Munawaroh diusung oleh partai PDI Perjuangan dan Golkar. Cek Endra merupakan bupati Sarolangun selama tiga periode yaitu pada 2010—2011, 2011–2016, dan 2012—2017. Sebelumnya, Cek Endra juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Sarolangun periode 2006—2010.

Sementara wakilnya yaitu Ratu Munawaroh yang berasal dari swasta merupakan istri dari almarhum Zulkifli Nurdin yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jambi pada periode 1999—2004 dan 2005—2010.

Adapun, pasangan Cek Endra—Ratu Munawaroh merupakan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi yang paling kaya dibandingkan paslon lainnya. Data Laporan Harta Kekayaan Pribadi/Pejabat Negara dari Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi menunjukkan total harta kekayaan Cek Endra senilai Rp23,97 miliar.

Sementara harta kekayaan Ratu Munawaroh menjadi yang tertinggi dibandingkan calon lainnya senilai Rp30,03 miliar. Selanjutnya kekayaan Fachrori Umar tercatat senilai Rp4,79 miliar dan pasangannya Syafril Nursal senilai Rp4,51 miliar.

Pasangan Al Haris dan Abdullan Sani memiliki kekayaan yang relatif sedikit dibandingkan pesaingnya. Al Haris memiliki total kekayaan senilai Rp4,71 miliar dan Abdulla Sani senilai Rp2,29 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper