Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Pembangunan Nasional, Bappenas Minta Dukungan Media

TPB/SDGs menjadi salah satu amanat dalam dokumen rencana pembangunan nasional, baik dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional maupun di rencana kerja pemerintah.
Pembangunan pier head Kereta Cepat Jakarta Bandung yang terletak di samping ruas jalan tol Jakarta-Cikampek
Pembangunan pier head Kereta Cepat Jakarta Bandung yang terletak di samping ruas jalan tol Jakarta-Cikampek

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Sekretariat Koordinasi Nasional TPB/SDGs Indonesia meluncurkan SDGs Media Compact Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan keterlibatan dan peran media massa dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs).

Kepala Sekretariat SDGs Indonesia sekaligus Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan berdasarkan Intelligence Media Management, dari 50 media di Indonesia, baru sekitar empat persen yang konsisten memberitakan dan menyebarkan semangat pencapaian pembangunan berkelanjutan.

"Dengan kondisi, pemahaman, dan keterlibatan media yang belum intensif di Indonesia, oleh karena itu, perlu dibentuknya SDGs Media Compact di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (7/12/2020).

Dia menjelaskan TPB/SDGs yang menjadi salah satu amanat dalam dokumen rencana pembangunan nasional, baik dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) maupun di Rencana Kerja Pemerintah, memiliki 17 tujuan yang meliputi berbagai sektor pembangunan, aspek pembangunan, dan berbagai aspek kehidupan.

Kemitraan antara pemerintah pusat dan parlemen, hingga filantropi, bisnis, akademisi, pakar, organisasi masyarakat dan juga media menurutnya sangat penting untuk mempercepat capaian pembangunan berkelanjutan melalui TPB/SDGs.

"Pelaksanaan TPB/SDGs di Indonesia harus menjadi komitmen bersama dan media harus berperan dalam merajut itu semua karena media menjadi corong terdepan untuk memberikan informasi kepada semua pihak," sebut wanita yang akrab disapa Winny itu.

Di tingkat internasional, SDGs Media Compact katanya sudah diluncurkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada September 2018. Hingga 2020, 100 media dari 160 negara tercatat menjadi anggota, termasuk tiga anggota media asal Indonesia.

Selain menjadi respons Indonesia untuk mendorong peran media dalam menyebarkan semangat pencapaian TPB/SDGs, Winny menyebut SDGs Media Compact Indonesia juga berperan sebagai wadah kolaboratif bagi pegiat media untuk berkolaborasi dalam kampanye TPB/SDGs di Indonesia.

Ke depan, sebagai kanal informasi resmi TPB/SDGs, SDGs Media Compact Indonesia akan menyebarkan editorial bulanan yang dapat menjadi acuan bagi media untuk meneruskan informasi pencapaian dan program TPB/SDGs melalui pemberitaan untuk publik.

Winny menuturkan SDGs Media Compact Indonesia dapat diakses melalui media-sdgs.id dan akan segera diresmikan di 2021. Seluruh institusi media di Indonesia didorong untuk berpartisipasi meningkatkan komitmen dan intensitas editorial sehingga informasi TPB/SDGs dapat dipahami publik.

"Kami berharap dengan peranan media yang semakin besar, ini akan meningkatkan kesadaran maupun awareness masyarakat terhadap TPB/SDGs dan menjadi sarana edukasi masyarakat mengenai pentingnya TPB/SDGs untuk menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper