Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Video Dugem Anak Habib Rizieq saat Pernikahan. Ini Faktanya

Video itu beredar di Twitter dan menampilkan hingar-bingar pesta pernikahan yang diklaim rn sebagai pernikahan putri Rizieq Shihab.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 19 November 2020  |  10:59 WIB
Hoaks - Antara
Hoaks - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Video pernikahan 'dugem petamburan; yang dihubungkan dengan pernikahan putri Rizieq Shihab adalah hoaks.

Berdasarkan akun Twitter resmi Masyarakat Anti Fitnah (Mafindo) Pusat pada Rabu (18/11/2020) malam, video yang menampilkan hingar-bingar pesta pernikahan tersebut bukan merupakan acara pernikahan putri Rizieq Shihab yang dilaksanakan pada 15 November 2020.

Dalam video tersebut terlihat puluhan tamu undangan sedang berjoget tanpa memperhatikan social distancing.

Sementara itu, akun Twitter @MurtadhaOne1, pada 17 November 2020, mengunggah video tersebut di akunnya dan memuat caption 'Dugem Petamburan' yang mengacu pada acara pernikahan Najwa Shihab, putri tokoh kontroversial dari Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, yang rumahnya berada di kawasan Petamburan.

Mafindo mengklarifikasi bahwa video pesta tersebut diambil dari akun TikTok milik @aaakila.m. Melalui akun Twitter-nya @akila.m09 menjelaskan bahwa video tersebut diambil bulan lalu dan berlokasi di Malang, Jawa Timur.

“Dan ga ada hubungannya sama hrs [Habib Rizieq Shihab]. Jadi tolong jangan menyebarkan hoax dan provokasi. Tolong etikat baiknya untuk menghapus,” tulis akun @akila.m09 kepada @MurtadhaOne1 pada Selasa (17/11/2020).

Perlu diketahui, acara pernikahan putri Rizieq Shihab dilaksanakan pada Minggu, 15 November 2020. Artinya postingan ini tidak dapat dibenarkan.

Saat ini akun @MurtadhaOne1 masih aktif. Namun, postingan terkait 'Dugem Petamburan; sudah tidak dapat diakses. Akun ini menamai dirinya sebagai influencer Presiden Joko Widodo.

Namun, video serupa diunggah ulang oleh akun ini dengan judul 'Dugem pesta kawinan?' pada 18 November 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

habib rizieq hoax rizieq shihab
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top