Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres Sebut Program Bansos di Tengah Pandemi Berjalan Baik

Wapres Ma'ruf Amin memerinci program yang digulirkan pemerintah saat pandemi Covid-19, termasuk bansos, subsidi listrik, dan bantuan produktif untuk usaha mikro.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 17 November 2020  |  05:59 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai pelaksanaan berbagai program pemberdayaan dan bantuan sosial di tengah pandemi Covid-19 telah terlaksana dengan baik dan manfaatnya dirasakan masyrakat.

Hal itu diungkapkan Wapres melalui akun Twitter resminya, @Kiyai_MarufAmin, Senin (16/11/2020) malam. Dalam unggahan tersebut Ma'ruf Amin mengunggah foto rapat koordinasi membahas program pemberdayaan usaha mikro dan kecil (UMK) serta pengembangan bank wakaf mikro sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat menengah ke bawah.

"Hadir mengikuti rapat Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sosial Juliari Batubara, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hadir melalui video conference," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Wapres Ma'ruf Amin memerinci sejumlah program yang telah digulirkan pemerintah pada masa pandemi Covid-19, seperti bantuan sosial (bansos), subsidi listrik, modifikasi dana desa untuk pemberian bantuan langsung tunai, perluasan program kartu pra kerja, dan subsidi upah serta bantuan produktif untuk usaha mikro.

"...yang terlaksana dengan baik dan manfaatnya dirasakan masyarakat," jelas Wapres Ma'ruf Amin.

Selain itu, Wapres menjelaskan mengenai upaya pengembangan bank wakaf mikro agar juga bisa diperbesar dan digulirkan di pesantren-pesaantren, karena sangat berpotensi besar untuk mengembangkan UMK.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan pembentukan ekosistem keuangan syariah yang dapat melayani nasabah dari berskala sangat kecil sampai nasabah besar.

Dia menargetkan semua segmen dapat terlayani oleh lembaga keuangan syariah. Rencana tersebut meliputi merger tiga bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan penguatan serta perluasan Bank Wakaf Mikro (BWM), Baitul Maal wat Tamwil (BMT), Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS), dan Koperasi Syariah.

“Pemerintah juga menyiapkan ekosistem di bidang produk halal, social fund, dan bisnis syariah. Semua itu menjadi bukti komitmen kuat pemerintah dalam mendorong semakin maju dan kuatnya ekonomi syariah di Indonesia,” katanya saat memberi sambutan pada webinar Sanawi Dewan Pengarah Syariah melalui virtual, Kamis (5/11/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bansos Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top