Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabatannya Segera Berakhir, Presiden Donald Trump Pecat Menhan Mark Esper

"Mark Esper telah diberhentikan," kata Trump.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 November 2020  |  07:06 WIB
Pejabat Sekretaris Pertahanan Patrick Shanahan (kanan) berjabat tangan dengan Mark Esper ketika ia meninggalkan Pentagon di Arlington, Virginia, AS, 21 Juni 2019. - Reuters
Pejabat Sekretaris Pertahanan Patrick Shanahan (kanan) berjabat tangan dengan Mark Esper ketika ia meninggalkan Pentagon di Arlington, Virginia, AS, 21 Juni 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tujuh puluh hari menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat Menteri Pertahanan Mark Esper.

Langkah itu dinilai sebagai  bentuk penggunaan kewenangan terakhirnya setelah kekalahannya dalam  pemilihan presiden pada 3 November lalu.

Trump, yang secara terbuka menyatakan tidak sejalan lagi dengan Esper dalam beberapa bulan terakhir karena berbagai masalah, mengatakan di Twitter bahwa Christopher Miller, Direktur National Counterterrorism Center, akan menjadi pengganti Esper.

"Mark Esper telah diberhentikan," kata Trump di Twitter seperti dikutip Aljazeera.com, Selasa (10/11/2020).

Dia mengatakan, dengan senang hati mengumumkan bahwa Christopher C. Miller, Direktur Pusat Kontra Terorisme Nasional yang sangat dihormati akan menjadi Menteri Pertahanan yang akan segera dilantik. Akan tetapi, pihak Pentagon tidak segera berkomentar terkait keputusan itu.

Esper telah lama mempersiapkan rencana pengunduran dirinya, terutama jika Trump ingin memenangkan masa jabatan kedua, kata satu sumber.

Keduanya berselisih awal tahun ini, ketika Esper menentang ancaman Trump untuk menggunakan pasukan aktif untuk menekan pelaku aksi protes jalanan atas ketidakadilan rasial di AS.

Esper juga tidak setuju dengan sikap Trump meremehkan aliansi NATO, kata sumber itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Donald Trump Pilpres AS 2020
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top