Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Merawat Diri Jika Sakit di Tengah Wabah Covid-19

Memeriksakan diri ke dokter adalah langkah penting untuk mengetahui seberapa jauh Anda sakit. Layanan telemedicine bisa Anda gunakan untuk mengukur kondisi kesehatan diri Anda.
Covid
Covid

Bisnis.com, JAKARTA – Sakit di tengah wabah Covid-19 bisa membuat seseorang khawatir berlebihan. Tak jarang, masyarakat enggan memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit karena kekhawatiran yang tidak berdasar.

Padahal, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah penting untuk mengetahui seberapa jauh Anda sakit. Layanan telemedicine bisa Anda gunakan untuk mengukur kondisi kesehatan diri Anda.

Di luar itu, jika Anda merasa sakit, segeralah beristirahat, minum banyak air, dan konsumsilah makanan bergizi.

Jika Anda didiagnosa mengalami gejala Covid-19 ringan dan disarankan melakukan isolasi mandiri di rumah, gunakanlah ruangan yang terpisah dari anggota keluarga lain.

Jika memungkinkan gunakan kamar mandi khusus.

Bersihkan dan lakukan disinfeksi pada permukaan benda yang sering disentuh.

Selain itu, pastikan semua orang di rumah Anda menjaga pola hidup sehat.

Jaga pola diet yang sehat, tidur cukup, tetap aktif, dan lakukan kontak sosial dengan orang-orang yang Anda sayangi melalui telepon atau internet.

Jika Anda sudah memiliki buah hati atau anak, lakukan hal-hal yang bisa tetap membuat anak merasa diperhatikan meski tidak bisa berhadap-hadapan secara fisik.

Betapa pun kasih sayang dan perhatian Anda akan membuat anak-anak merasa lebih nyaman. Usahakan sebisa mungkin untuk selalu menjaga rutinitas dan jadwal seperti biasanya.

Perasaan sedih, stres, bingung atau tertekan wajar muncul dalam situasi seperti itu. Mengungkapkan perasaan akan membantu Anda lepas dari tekanan. Ingatlah prinsip tension and release. Jika ada tekanan, lepaskanlah dengan cara yang baik.

Bisa berkumpul dan bercengkerama dengan teman-teman serta kerabat menjadi hal yang mungkin mengganggu fokus Anda saat  melakukan isolasi diri.

Pastikan hal-hal itu Anda konversi menjadi pengalaman menyenangkan untuk mensugesti diri agar Anda segera  pulih.

Sugesti yang positif akan membantu menciptakan suasana yang lebih baik bagi Anda.

Ingatkan kepada anggota keluarga dan siapa pun untuk selalu menjalankan prinsip 3M, yakni memakai masker,  menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Perlu diingat, orang yang sedang sakit bisa menjadi contoh nyata soal dampak Covid-19.

Jadi, sembari berproses menjalani isolasi diri, Anda pun bisa menjadi duta untuk adaptasi kehidupan baru. Demi kesehatan dan kebaikan semua pihak.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper