Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Ajak Masyarakat Terus Hidupkan Kearifan Lokal, Ini Alasannya

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo melalui unggahannya di akun Instagram resminya, @jokowi, Senin (9/11/2020).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 09 November 2020  |  14:43 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020  -  Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020 - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan kearifan lokal sebagai upaya memupuk ketangguhan diri di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Presiden ke-7 Indonesia ini melalui unggahannya di akun Instagram resminya, @jokowi, Senin (9/11/2020).

“Sembari terus memupuk solidaritas, gotong royong, dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi, masyarakat kembali berupaya menghidupkan kearifan lokal seperti mengangkat lagi jamu-jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan sebagainya,” tulis Jokowi dalam unggahan itu.

Lebih lanjut, Kepala Negara merasa bersyukur karena bangsa Indonesia mewarisi sikap optimistis dan pantang menyerah yang terbentuk dari tantangan alam dan kondisi geografis.

Sebagai negara yang dlilalui Cincin Api Pasifik atau gugusan gunung api aktif, Indonesia kerap diterpa bencana alam gempa bumi hingga tsunami.

Walhasil, ketangguhan menghadapi bencana sudah tertanam sejak zaman nenek moyang.

“Selama berabad-abad, nenek moyang kita berusaha bersahabat dengan semua tantangan itu dan menjaga harmoni dengan alam lingkungan, membangun kebudayaan dan nilai-nilai keutamaan di atasnya,” kata Jokowi.

Sementara di masa pandemi Covid-19, budaya atau kearifan lokal tersebut harus terus dipupuk sehingga meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana ini selain menerapkan protokol kesehatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kearifan lokal
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top