Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hai UMKM, Ini Cara Mencairkan Bantuan dan Kredit Rp31 Juta dari Facebook

Facebook akan memberikan bantuan dan kredit kepada 400 pelaku UMKM di Indonesia, khususnya yang terdampak Covid-19.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  12:42 WIB
Tampilan aplikasi Facebook di smartphone - Bloomberg
Tampilan aplikasi Facebook di smartphone - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook akan memberikan bantuan dana kepada 400 bisnis kecil di Indonesia dengan total Rp12,5 miliar, masing-masing Rp31 juta per UMKM.

Pendaftaran bantuan kepada UMKM dari Facebook berakhir pada 2 November 2020.Adapun pengajuan pendaftaran bisnis kecil di Indonesia telah dilakukan sejak 6 Oktober – 2 November 2020.

Namun, jangan khawatir, bila Anda melengkapi persyaratan dengan tepat waktu, maka rezeki Anda tidak akan hilang dari tangan Anda atau dipatok ayam.

Dana bantuan senilai Rp31 juta dari Facebook kepada UMKM terdiri dari Rp19,38 juta dalam bentuk uang tunai dan Rp11,63 juta dalam bentuk kredit iklan opsional untuk membantu selama masa yang sulit ini.

Mengutip dari Facebook pada Kamis (29/10/2020), menuliskan bahwa dana bantuan tersedia untuk bisnis kecil yang memenuhi syarat dan terdaftar di Indonesia. Adapun bisnis kecil tidak perlu memiliki eksistensi Facebook sebelumnya untuk mendaftar.

Salah satu syarat yang paling penting adalah Anda harus bertempat tinggal di negara ini agar dapat membuka formulir pengajuan untuk menerima dana dari Facebook. Berikut adalah dokumen yang diperlukan:

1. Akta Pendirian entitas bisnis Anda

2. Akta Perubahan Terakhir (Lampirkan hanya jika ada perubahan pada struktur jajaran direktur terkait status Anda sebagai pendaftar) dari entitas bisnis Anda

3. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) dari entitas bisnis Anda
Dengan mengklik di bawah ini, Anda akan melanjutkan ke proses pengajuan bantuan yang diselenggarakan oleh Goodera. Anda perlu mendaftar untuk memulai pengajuan.

Adapun Facebook akan memberikan bantuan kepada maksimum 30.000 bisnis kecil yang memenuhi syarat di lebih dari 30 negara. Indonesia mendapatkan jatah sebanyak 400 UMKM. Agar bisa mengajukan permohonan, bisnis Anda harus:

- Memiliki 2 sampai 50 karyawan

- Telah beroperasi selama lebih dari satu tahun

- Terdampak Covid-19

- Berlokasi di sekitar wilayah operasional Facebook

Simak prosedur pengajuan permohonan di bawah ini untuk mengetahui apakah area Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan, atau untuk mendapatkan informasi terkini melalui email ketika pendaftaran dibuka. Ini link pendaftaran mencairkan bantuan dan kredit dari Facebook.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit umkm facebook bantuan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top