Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Protokol Kesehatan Harus Jadi Kebutuhan Masyarakat

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan Kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan harus menjadi kebutuhan, bukan karena kewajiban karena diatur dalam regulasi.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 17 Oktober 2020  |  11:18 WIB
Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (tengah) menerima Buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19. - BNPB
Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (tengah) menerima Buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19. - BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Pengetahuan masyarakat tentang perilaku 3M dinilai belum dibarengi dengan kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan. Perilaku memakai masker, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun disebut menjadi pekerjaan rumah bersama.

Hal itu diungkapkan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam talkshow "Peluncuran Buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Jumat (16/10) sore.

Airin menceritakan pengalamannya tujuh bulan memimpin masyarakat Tangsel dalam situasi pandemi. Kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan menurut Airin harus menjadi kebutuhan, bukan karena kewajiban karena diatur dalam regulasi.

"Kalau sudah jadi kebutuhan, ada atau tidak ada polisi dan tentara, masyarakat tetap pakai masker. Bukan karena ada  razia masker baru pakai," ujar Airin melalui keterangan resmi BNPB, Sabtu (17/10/2020).

Dia menerangkan, masyarakat sudah tahu mengenai 3M dan seperti apa menuju tatanan adaptasi kebiasaan baru. Namun, pengetahuan itu tidak selalu dijalankan sebagai kebutuhan dan kebiasaan.

Hal itu menjadi tugas bersama di lapangan agar masyarakat mengubah perilaku masyarakat dengan terbiasa menerapkan protokol kesehatan.

Di lain pihak Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur Joni Wahyuhadi mengatakan pihaknya melakukan survei selama empat bulan di masa pandemi. Hasilnya pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 cukup, perilaku baik. Tapi dalam implementasinya tidak selalu baik.

Perubahan perilaku terhadap ketaatan protokol kesehatan, lanjut Joni  tidak cukup hanya sebatas tahu dan mengerti.

“Maka protokol kesehatan ditegakkan dengan melibatkan polisi dan tentara untuk menggelar operasi yustisi," ujarnya.

#satgasCovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masker Protokol Pencegahan Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top