Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Pemprov Sumbar Minta Masyakakat Patuhi 3M

Kasus infeksi virus corona (Covid-19) di Sumatra Barat terus bertambah. Pemprov meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna mengendalikan penyebaran virus.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Oktober 2020  |  10:11 WIB
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (kanan) melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2024 , Mahyeldi (kiri) dan Hendri Septa (kedua kiri), di Padang, Sumatra Barat, Senin (13/5/2019). - ANTARA/Iggoy el Fitra
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (kanan) melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2024 , Mahyeldi (kiri) dan Hendri Septa (kedua kiri), di Padang, Sumatra Barat, Senin (13/5/2019). - ANTARA/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat meminta masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan gar penyebaran virus corona (Covid-19) di Ranah Minang bisa dikendalikan.

Protokol kesehatan mencakup memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Protokol ini dikenal dengan Gerakan 3M.

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengatakan dalam beberapa hari terakhir kasus infeksi virus corona di Sumatra terus bertambah. Penambahan kasus positif paling banyak terjadi kemarin sebanyak 506 orang.

Menurutnya, lonjakan yang terjadi berpotensi membuat ruang isolasi di Rumah Sakit (RS) penuh sehingga perlu antisipasi mempersiapkan tempat isolasi lain. 

Oleh karena itu, Pemprov Sumbar mempertimbangkan kemungkinan pemanfaatan Asrama Haji Padang sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif di daerah itu.

"Asrama haji punya 200 tempat tidur. Untuk sementara mungkin bisa dimanfaatkan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19," ujar Irwan seperti dikutip dari Antara, Sabtu (17/10/2020).

Menurut Irwan, Asrama Haji Padang dinilai salah satu tempat yang memungkinkan, karena memiliki ruang yang cukup banyak serta dipisahkan dinding pagar dengan lingkungan sekitar.

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman mengatakan tambahan 547 orang terkonfirmasi positif pada Jumat (16/10) adalah rekor tertinggi harian di provinsi itu. 

"Biasanya paling tinggi hanya 300-an per hari. Kemarin terjadi lonjakan," ucapnya.

Ia mengatakan hingga hari ini, total warga Sumbar yang positif terpapar Covid-19 mencapai 10.294 orang. dari jumlah tersebut, 5.501 orang dinyatakan telah sembuh dan meninggal 201 orang.

#satgasCovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Protokol Pencegahan Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top