Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PM Jepang Yoshihide Suga Kunjungi RI Pekan Depan, Bahas Apa?

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga akan berkunjung ke Indonesia pada pekan depan untuk beremu Presiden Jokowi.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  20:23 WIB
Yoshihide Suga (tengah) berforo bersama Shigeru Ishiba (kiri) dan Fumio Kishida (kanan). Suga memenangkan 377 dari 535 suara dalam pemilihan ketua Partai Demokratik Liberal, menggantikan Shinzo Abe. - Bloomberg
Yoshihide Suga (tengah) berforo bersama Shigeru Ishiba (kiri) dan Fumio Kishida (kanan). Suga memenangkan 377 dari 535 suara dalam pemilihan ketua Partai Demokratik Liberal, menggantikan Shinzo Abe. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga beserta Istri akan berkunjung ke Indonesia pada 20 - 21 Oktober mendatang. Ini akan menjadi kunjungan resmi pertama Suga ke RI setelah terpilih sebagai PM.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan bahwa rencana ini baru disampaikan Jepang pada hari ini. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian pertama PM Suga ke luar negeri.

PM Suga bersama Istri juga akan mengunjungi Vietnam yang menjadi Ketua Asean. Suga dipilih menjadi PM menggantikan posisi Shinzo Abe yang mengundurkan diri karena masalah kesehatan.

“Indonesia menyambut hangat rencana ini. Ini komitmen Jepang meningkatkan hubungan bilateral dengan indonesia dan meningkatkan hubungan strategis,” kata Retno saat media breafing secara virtual, Jumat (16/10/2020).

Retno menerangkan bahwa kunjungan ini menunjukkan spirit kerja sama yang harus dikedapankan oleh negara dunia di tengah situasi yang tidak mudah.

Saat di Indonesia, PM Suga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Diperkirakan keduanya akan membahas tentang sejumlah kerja sama, termasuk soal penanganan pandemi virus Corona (Covid-19).

“Baik kesehatan, maupun aspek bagaimana tingkatan kerja sama ekonomi dan kedua negara bisa berkontribusi dalam perdamaian dan stabilitas kawasan serta dunia,” terangnya.

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi bersama Menteri BUMN Erich Thohir dan Sekjen Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan bilateral dan multilateral ke Swiss. Pemerintah membahas tentang pengamanan vaksin Covid-19 dan hubungan kerja sama lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi jepang Yoshihide Suga
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top