Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2020

Sejak penemuan cadangan lepas pantai yang besar pada akhir 1960-an, mesin ekonomi Norwegia telah digerakkan oleh minyak.
Properti Dubai, Uni Emirat Arab/Istimewa
Properti Dubai, Uni Emirat Arab/Istimewa

Norwegia dan Uni Emirat Arab

7. Norwegia

Sejak penemuan cadangan lepas pantai yang besar pada akhir 1960-an, mesin ekonomi Norwegia telah digerakkan oleh minyak. Sebagai salah satu penghasil minyak bumi terbesar di Eropa Barat, negara ini telah diuntungkan selama beberapa dekade dari kenaikan harga.

Tetapi tidak lagi setelah harga anjlok ditambah pandemi global terjadi, membuat ekonomi terjun bebas. Saat ini, perekonomian yang bergantung pada ekspor ini menghadapi resesi pertamanya sejak krisis keuangan global. Apakah ini berarti bahwa kekayaannya akan berkurang secara signifikan?

Mungkin tidak. Pada bulan Juni, hanya beberapa minggu setelah memangkas suku bunga menjadi nol, gubernur bank sentral negara tersebut mengatakan dia terkejut dengan kecepatan dan kekuatan rebound ekonomi dalam produktivitas.

Di sisi lain, ketika menghadapi masalah ekonomi, penduduk Norwegia selalu dapat mengandalkan dana negara sebesar US$1,2 triliun yang dimiliki oleh negara mereka, merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Tidak hanya itu, mereka tahu bahwa dengan kekayaan besar datanglah tanggung jawab yang besar: bertentangan dengan banyak negara kaya lainnya, angka PDB per kapita yang tinggi benar-benar merupakan cerminan dari kesejahteraan finansial masyarakat. Norwegia memiliki salah satu negara dengan tingkat kesenjangan ketimpangan pendapatan yang terendah di dunia.

8. Uni Emirat Arab

Pertanian, perikanan, dan mutiara perdagangan: ini dulunya adalah andalan ekonomi negara Teluk Persia ini. Kemudian minyak ditemukan pada 1950-an dan membuat segalanya berubah. Saat ini, penduduknya yang sangat kosmopolitan menikmati kekayaan yang cukup besar, arsitektur Islam tradisional bercampur dengan pusat perbelanjaan mewah, dan pekerja datang dari seluruh dunia terpikat oleh gaji bebas pajak sambil menikmati terik matahari sepanjang tahun (hanya sekitar 20% penduduk yang tinggal di negara itu yang sebenarnya lahir secara lokal).

Ekonomi Uni Emirat Arab juga semakin terdiversifikasi. Di luar sektor hidrokarbon yang secara tradisional dominan, terdapat sektor lain seperti perdagangan dan keuangan, serta konstruksi dan pariwisata, yang merupakan industri utama. Tahun ini, pantai dan hotelnya akan tetap kosong. Kota itu seharusnya mengadakan Dubai World Expo yang sangat dinantikan, yang merupakan acara terbesar yang pernah diselenggarakan oleh negara tersebut dengan sekitar 25 juta orang dari luar negeri diharapkan untuk mengunjungi. Untuk alasan yang jelas, hal itu harus ditunda hingga tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Kuwait dan Swiss
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper