Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Partai Ummat Berdiri, Slogan 'PAN adalah Amien Rais' Tak Berlaku Lagi

Sejak Partai Ummat berdiri slogan "Amien Rais adalah PAN dan PAN adalah Amien Rais" sudah berlalu.
Amien Rais (tengah)/Antara-Sigid Kurniawan
Amien Rais (tengah)/Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - "Perceraian" politik antara Amien Rais dan Partai Amanat Nasional resmi sudah.

Amien Rais kini memiliki partai politik baru dan dengan demikian otomatis tidak lagi di PAN, partai yang didirikan Amien Rais di era reformasi.

Politikus Partai Amanat Nasinal Guspardi Gaus menyebutkan sejak Partai Ummat berdiri slogan "Amien Rais adalah PAN dan PAN adalah Amien Rais" sudah berlalu.

"Sekarang ini tentu slogan itu sudah berlalu dan tidak ada lagi. Amien adalah PAN dan PAN adalah Amien itu sudah tidak berlaku lagi, sejak tokoh reformasi itu mendirikan Partai Ummat," kata Guspardi Gaus dalam keterangannya, Sabtu (3/10/2020).

Pernyataan Guspardi itu terkait pemberitaan soal deklarasi Partai Ummat oleh Amien Rais.

Sebagai kader PAN, Guspardi menilai mendirikan partai adalah hak politik setiap anak bangsa yang dijamin oleh konstitusi.

Namun, pendirian partai baru ini bagi Amien Rais tentu akan berimplikasi kepada figur dirinya sebagai tokoh reformasi yang menggagas dan mendirikan PAN (Partai Amanat Nasional).

"Dengan mendirikan partai baru, tentunya Pak Amien dengan sendirinya meninggalkan tujuan awal beliau saat mendirikan partai berlambang matahari putih yang dideklarasikan pada tanggal 23 Agustus 1998," kata dia.

Tujuan awal itu yakni membawa PAN sebagai pelopor reformasi dan barisan terdepan penjaga kedaulatan bangsa.

"Sekarang malah mendirikan partai baru. Apalagi eksistensi dan figur Pak Amien itu sangat melekat dengan PAN sehingga ada slogan 'Amien Rais adalah PAN dan PAN adalah Amien Rais'," kata dia.

Sungguhpun begitu, Guspardi menegaskan PAN tidak akan terganggu oleh terbentuknya Partai Ummat karena memiliki basis suara yang berbeda.

Dalam analisis Guspardi, Partai Ummat bentukan Amien lebih menyasar pemilih berbasis agamis sementara PAN jelas menyasar pemilih dari kalangan nasionalis.

"Antara partai Amien Rais dan PAN itu berbeda. Kami dari PAN, segmennya berbeda dengan konstituen Partai Ummat, intinya, PAN siap berlomba berfastabiqul khairat, mencari kebaikan," kata tokoh Muhammdiyah Sumbar tersebut.

Secara pribadi, Guspardi menghargai sikap Amien yang mendirikan partai baru setelah keluar dari PAN. Setiap Warga Negara Indonesia berhak berserikat karena dijamin oleh undang-undang.

"Siapa pun bisa mendirikan partai, itu adalah hak politik dan bagian dari demokrasi. Kami menghargai Pak Amien mendirikan partai dan mengucapkan selamat atas berdirinya Partai Ummat ini," ujar anggota komisi 2 DPR RI tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper