Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Amien Rais ketika bersiap memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/4/2019). - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Premium

Inilah Partai Ummat Bentukan Amien Rais, Anda Berminat?

02 Oktober 2020 | 22:18 WIB
Amien Rais sudah tak lagi di Partai Amanat Nasional (PAN). Dia kini mendirikan partai baru, yang diberi nama Partai Ummat. Anda berminat bergabung?

Bisnis.com, JAKARTA — Partai Ummat. Itu nama yang diberikan untuk partai baru yang didirikan oleh Amien Rais sekaligus sebagai penegasan bahwa mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut kini resmi keluar dari partai yang didirikannya itu.

Pendirian Partai Ummat diumumkan lewat YouTube pada Kamis (1/10/2020). Dalam video itu, Amien Rais pertama kali menjelaskan mukadimah Partai Ummat yang pada intinya ingin mengoreksi pemerintahan dan kekuasaan dengan menegakkan keadilan, tetapi berasaskan Pancasila dan UUD 1945.

"Pada akhirnya segolongan umat manusia harus berikhtiar untuk menegakan keadilan, sekaligus melawan kezaliman secara sistematik lewat perjuangan politik,” katanya.

Hanya saja, Amien tidak memerinci kezaliman yang dimaksud.

Dia mengatakan negara dapat melancarkan kezaliman politik, ekonomi, sosial, hukum, dan kemanusiaan karena memiliki sarana dan aparat yang lengkap. Akan tetapi, hanya negara pula yang dapat menegakkan keadilan bagi semua rakyatnya.

Bagi Amien, tampaknya posisi PAN yang mengambil jarak secara tegas dengan pemerintah, kalau tidak mau disebut oposisi, akan lebih menguntungkan PAN untuk jangka panjang. Namun, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan cenderung lebih kompromi dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo sehingga Amien tidak berkenan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top