Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amien Rais Dirikan Partai Ummat, Waketum PAN: Beda Ideologi

Pendirian Partai Ummat oleh Amien Rais menjadi sorotan lantaran dia dikenal sebagai salah satu pendiri dan eks Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga/Antara
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Amien Rais akhirnya resmi mendirikan partai politik baru yakni Partai Ummat. Pendirian itu menjadi sorotan lantaran Amien dikenal sebagai salah satu pendiri dan eks Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Terkait pendirian partai baru itu, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga mengatakan bahwa dengan pilihan sikap Amien Rais itu maka berarti secara resmi dan legal konstitusional beliau telah meninggalkan PAN.

“Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN,” ujar Anggota DPR itu ketika dihubungi Bisnis, Kamis (1/10/2020).

Selain itu, dia menilai ideologi PAN dan parta baru besutan Amien Rais itu berbeda. PAN berideologi Nasionalis-Relijius, sedangkan Partai Ummat itu partai Islam.

Dengan demikian perbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat, kata juru bicara PAN tersebut.

Viva meyakini kader partainya memiliki rasionalitas politik sehingga tidak terpengaruh dengan pendirian Partai Ummat oleh Amien Rais yang merupakan Ketua Umum PAN periode 2000-2005.

”Mereka akan tetap istiqomah dan cinta PAN. Jika ada anggota yang keluar dari PAN dan ikut Partai Ummat, itu hanya sebagian kecil saja. Non signifikan,” ujar Viva Yoga.

Dia mengatakan sejuah ini tidak ada satupun anggota legislatif, di DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota maupun kader di lembaga eksekutif yang menyatakan keluar dari PAN dan bergabung di Partai Ummat.

Menurutnya, menjadi anggota legislatif dan eksekutif melalui kontestasi dan kemenangan elektoral adalah buah dari perjuangan yang tidak mudah. Hal ini menyebabkan para kader PAN berpikir realistis sebagai seorang politisi dan mereka terpilih karena representasi dukungan rakyat ke PAN, katanya.

Selain itu, Viva Yoga menjelaskan bahwa sistem kepartaian dan pemilu menurut undang-undang membutuhkan sumberdaya partai yang kuat. Karena itu tidak mudah bagi partai politik baru dapat meraih meraih kursi di DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/ kota.

Seperti diketahui, Amien Rais menyebut bahwa Partai Ummat bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa. Melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper