Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Positif Covid-19, Risiko Klaster Gedung Putih Tinggi

Lingkaran kontak dekat dengan presiden dan istrinya, Melania Trump, dimulai dengan penasihatnya Hope Hicks, yang jatuh sakit pada Rabu malam.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump/Istimewa
Presiden Amerika Serikat Donald Trump/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah Presiden AS Donald Trump dinyatakan positif Covid-19, risiko infeksi wabah di Gedung Putih kian meningkat.

Pasalnya, sebelumnya Trump selalu berinteraksi dan bepergian dengan sejumlah ajudan dan penasihat presiden. Lingkaran kontak dekat dengan presiden yang terinfeksi dan istrinya, Melania, dimulai dengan penasihatnya Hope Hicks, yang jatuh sakit pada Rabu malam.

Hick melakukan perjalanan dengan Trump pada debat presiden pada hari Selasa dan ke pemberhentian kampanye di Minnesota pada hari Rabu.

Dia terlihat dekat dengan beberapa pejabat lainnya, termasuk penasihat senior Gedung Putih Stephen Miller dan penasihat senior kampanye Trump Jason Miller.

Bergantung pada seberapa jauh virus menyebar melalui aula Sayap Barat dan Kongres, serta markas kampanye presiden, jadwal perjalanan dan kampanye Trump diperkirakan tertunda.

Negosiasi tatap muka atas putaran lain stimulus ekonomi mungkin rumit, dan proses konfirmasi untuk calon Mahkamah Agung Amy Coney Barrett bisa ditunda.

Belum jelas kapan atau bagaimana presiden terinfeksi dan berapa banyak pembantu Gedung Putih lainnya yang akan diminta untuk karantina karena kontak dengan Trump atau Hicks. Masa inkubasi khas virus, atau waktu antara paparan dan munculnya gejala, diperkirakan dua hingga lima hari.

Mungkin saja, presiden terinfeksi sebelum Rabu, ketika Hicks mulai menunjukkan gejala penyakit.

Ronny Jackson, mantan dokter presiden Gedung Putih, mengatakan kepada Fox News Jumat pagi bahwa tes positif akan memengaruhi semua orang yang berada di sekitar presiden karena mereka mungkin perlu mengisolasi diri.

"Pelacakan kontak sedang dilakukan dan pemberitahuan serta rekomendasi yang sesuai akan dibuat," kata juru bicara Gedung Putih Judd Deere dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Bloomberg, Jumat (2/10/2020).

Rabu pagi, Trump bertemu dengan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows untuk membahas negosiasi paket bantuan virus.

Kemudian pada hari itu, Trump berangkat ke Minnesota untuk penggalangan dana dan rapat umum. Hicks berada di atas Marine One, helikopter kepresidenan, ketika berangkat dari Gedung Putih menuju Pangkalan Bersama Andrews, tempat Air Force One mendarat.

Bergabung dengannya di helikopter, bersama dengan Trump, adalah menantu presiden dan penasihat senior, Jared Kusner; direktur media sosial Dan Scavino; ajudan presiden, Nick Luna; dan penasihat Stephen Miller.

Sekretaris Pers Meadows dan Gedung Putih Kayleigh McEnany bergabung dengan rombongan presiden di Air Force One. Meadows terlihat mengobrol dengan Kushner di landasan di Minneapolis, dan selama penerbangan pulang, kepala staf kembali ke kabin pers untuk berbicara dengan wartawan.

Pada hari Selasa, Meadows menghadiri pertemuan di Capitol Hill dengan Barrett dan Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell. Wakil Presiden Mike Pence dan penasihat Gedung Putih Pat Cipollone juga berpartisipasi. Tak satu pun dari mereka yang difoto mengenakan selama selama pertemuan tersebut.

Pembantu Gedung Putih jarang terlihat mengenakan masker atau jarak sosial, karena presiden ingin memacu pemulihan dan mengecilkan risiko virus.

Hicks dinyatakan negatif sebelum perjalanan Minneapolis tetapi mulai merasa sakit saat berada di sana. Dia diisolasi dalam penerbangan kembali ke Washington. Belum diketahui apakah penumpang lain di pesawat Air Force One terinfeksi.

McEnany melakukan briefing agresif dengan wartawan di Gedung Putih pada hari Kamis, pada hari yang sama Hicks dinyatakan positif. Tidak jelas apakah sekretaris pers tahu pada saat pengarahannya,di mana dia tidak memakai masker padahal Hicks sakit.

Trump melakukan perjalanan lagi pada Kamis ke klub golfnya di Bedminster, New Jersey, untuk penggalangan dana kampanye. Deere dan kepala personel Gedung Putih, John McEntee, terbang bersama Trump di Marine One ke Pangkalan Gabungan Andrews.

Baik Gedung Putih maupun kampanye Trump tidak memberikan informasi apa pun tentang siapa yang menghadiri penggalangan dana, yang tidak terlihat oleh wartawan.

Tidak jelas kapan Pence terakhir di hadapan Trump. Setelah pertemuan Capitol Hill pada hari Selasa, wakil presiden memimpin pertemuan satuan tugas virus korona di Gedung Putih sebelum melakukan perjalanan ke Pennsylvania. Jadwalnya tidak mencantumkan acara bersama dengan Trump. Dia melakukan perjalanan pada hari Rabu dan Kamis tanpa Trump.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper