Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Siap-siap! Penyelenggaraan Ibadah Umrah Dibuka Dalam Waktu Dekat

Arab Saudi menutup penyelenggaraan Umrah sejak 27 Februari. Setidaknya ada 36.012 jamaah yang tertunda keberangkatannya hingga Mei 2020.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 09 September 2020  |  16:47 WIB
Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggaraan ibadah umrah dipastikan akan dibuka dalam waktu dekat oleh Kerajaan Arab Saudi. Pemerintah masih menunggu kepastian dari negara tersebut.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan bahwa Konsulat Jenderal RI di Jeddah Arab Saudi telah melakukan rapat dengan Kementerian Haji dan Umrah negara itu pada 3 September lalu.

Pertemuan ini untuk membahas penyelenggaraan ibadah umrah pada 1442 H. Setidaknya rapat tersebut menghasilkan lima kesimpulan yang disepakati bersama.

“Pembukaan ibadah umrah akan dilakukan dalam waktu dekat jika penerbangan internasional dari dan ke Arab Saudi sudah dibuka dan telah ditetapkannya protokol kesehatan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (9/9/2020).

Saat ini, ketentuan protokol bagi jamaah umrah masih dibahas dan dikoordinasikan Kemenkes Arab Saudi dengan pihak dan instansi terkait.

Salah satu yang dilibatkan dalam penerapan protokol itu adalah otoritas penerbangan sipil atau GACA sebagai pihak yang mengeluarkan regulasi terkait penerbangan.

Lebih lanjut, penyelenggara umrah juga akan diperuntukkan bagi semua muslim, termasuk warga Arab Saudi dan ekspatriat yang berada di negara itu.

“Belum ada rencana kebijakan untuk melakukan pembatasan kuota jamaah umrah,” terangnya.

Selain itu, kebijakan pembatasan usia bagi jamaah umrah masih menunggu ketentuan protokol kesehatan dari Kemenkes Arab Saudi. Kemenag dan Kemenkes juga sedang membahas pedoman protokol kesehatan bagi jamaah umrah dan haji.

"Pedoman ini diharapkan dapat diterbitkan dalam waktu dekat," tegas Menag.

Menurut Menag, pedoman protokol kesehatan ini akan menjadi rujukan serta wajib ditaati oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan seluruh jemaah jika Arab Saudi sudah membuka kembali kunjungan ibadah umrah dari Indonesia.

Adapun sejak Arab Saudi menutup penyelenggaraan umrah sejak 27 Februari setidaknya terdapat 36.012 jamaah sudah masuk daftar umrah untuk rencana keberangkatan Februari sampai Mei 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi kemenag umrah
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top