Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cetak Rekor! Kapitalisasi Pasar Apple Tembus US$2 Triliun

Nilai ini dicapai setelah saham Apple sempat menguat 1,4 persen ke level US$468,65 per saham pada perdagangan Rabu (19/8/2020).
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  10:58 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg -  Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg - Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA – Apple Inc. mencatatkan sejarah di bursa saham Amerika Serikat dengan kapitalisasi pasar melampaui US$2 triliun setelah saham melonjak hari Rabu (19/8/2020)

Pencapaian ini hanya membutuhkan waktu 2 tahun setelah produsen iPhone tersebut mencapai kapitalisasi pasar US$1 triliun. Padahal, butuh waktu hingga 38 tahun sejak berdiri sebelum Apple mencapai US$1 triliun pertamanya.

Kinerja ini didorong oleh perluasan ekosistem perangkat kerasnya dengan lebih banyak iPhone dan Apple Watches dan AirPods baru, peluncuran layanan digital, dan pemanfaatan basisnya 1,5 miliar perangkat untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan berulang.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, ini juga didukung oleh penggunaan luas perangkat, aplikasi, dan layanan cloud yang terhubung ke internet, terutama selama pandemi Covid-19.

Rencana buyback saham dan pembagian dividen telah memikat investor baru, seperti Warren Buffett, sementara rencana stock split saham yang akan segera dilakukan akan membuat investor yang lebih kecil juga tertarik.

Mantan eksekutif pemasaran senior Apple Michael Gartenberg mengatakan tonggak pasar sekali lagi menunjukkan kecerdasan Tim Cook yang luar biasa sebagai CEO Apple.

“Kunci kesuksesan Apple adalah komitmen yang teguh untuk memperhatikan detail hal-hal yang mungkin dianggap biasa oleh perusahaan lain,” ujarnya, seperti dikutip Bloomberg.

Saham Apple sempat menguat 1,4 persen ke level US$468,65 per saham. Kapitalisasi pasarnya saat ini hampir menyamai saham-saham berkapitalisasi kecil dalam indeks Russell 2000. Penguatan tersebut telah mengukuhkan posisi Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia.

Sebelumnya, Saudi Aramco sempat membanggakan valuasi US$2 triliun yang dicapai bulan Desember, namun saham perusahaan minyak nasional Arab Saudi tersebut turun dan saat ini diperdagangkan dengan kapitalisasi pasar sekitar $ 1,8 triliun.

Di antara perusahaan AS, Apple dibuntuti oleh Amazon.com Inc. dan Microsoft Corp. Keduanya memiliki kapitalisasi pasar di bawah US$1,7 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple inc kapitalisasi pasar
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top