Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 3 Buku Karya UI & BNPB Mengenai Penanganan Covid-19

Buku hasil kolaborasi UI dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut mencakup banyak program berbasis kearifan lokal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  12:44 WIB
Tiga buku mengenai penanganan COVID-19 dari Universitas Indonesia (UI). - Istimewa/Humas UI
Tiga buku mengenai penanganan COVID-19 dari Universitas Indonesia (UI). - Istimewa/Humas UI

Bisnis.com, DEPOK — Universitas Indonesia meluncurkan tiga buku mengenai penanganan Covid-19 di Indonesia sebagai bagian dari upaya mendokumentasikan seluruh proses penanggulangan pandemi corona di Tanah Air.

Buku berjudul Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah COVID-19, Pengalaman Indonesia dalam Menganani Wabah COVID-19 di 17 Provinsi dan Pembelajaran dari Mancanegara, dan Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah COVID-19 di 17 Provinsi tersebut diharapkan bisa menjadi sumber rujukan bagi pemangku kepentingan di Indonesia.

"Kami harap dapat pula dibaca oleh masyarakat, khususnya para pemangku kepentingan dan pengambil keputusan," kata Kepala Disaster Research & Response Centre (DRRC) UI Fatma Lestari sebagai bagian dari tim penulis buku dalam keterangan persnya, Kamis (20/8/2020).

Dia mengatakan bahwa buku hasil kolaborasi UI dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut mencakup banyak program berbasis kearifan lokal yang dapat dipelajari dan diaplikasikan di daerah lainnya dalam penanganan Covid-19.

"Buku ini menjadi salah satu sumbangsih nyata UI untuk menyebarluaskan berbagai inspirasi, kreativitas, dan kerja keras bangsa Indonesia dalam menangani pandemi global ini," kata Ketua Majelis Wali Amanat UI Saleh Husin.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan bahwa dalam upaya menanggulangi Covid-19, pemerintah berusaha menggerakkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan guna mengurangi beban tenaga medis.

"Pendekatan kami tidak mengarah pada medis, mengingat keterbatasan rumah sakit dan tenaga medis sehingga kami berpikir untuk tidak membebani tenaga kesehatan dengan cara mendorong masyarakat untuk patuh akan protokol kesehatan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ui universitas indonesia

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top