Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembukaan Sekolah, Tantangan Madrasah Lebih Besar dari Pesantren

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan bahwa sebagian besar pesantren terbebas dari penyebaran wabah Covid-19. Madrasah?
Menteri Agama Fachrul Razi. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Menteri Agama Fachrul Razi. JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Pembukaan kembali pembukaan madrasah di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 dinilai memiliki tantangan yang lebih besar dibandingkan pesantren.

Hal itu diungkapkan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. “Kalau di madrasah kan siswanya datang, kemudian kembali lagi ke rumah. Kita tidak tahu dia mampir ke mana dulu,” ujarnya pada Webinar yang disiarkan pada kanal Youtube Kemendikbud RI, Jumat (7/8/2020).

Oleh sebab itu, Menag mengajak masyarakat khususnya orang tua siswa untuk ikut memantau pergerakan siswa apabila madrasah mulai melakukan pembelajaran tatap muka. “Ingatkan anaknya agar langsung pulang ke rumah,” ucapnya.

Sementara itu, Fachrul menjelaskan bahwa saat ini hampir seluruh pesantren di Indonesia telah melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Sebagian besar pesantren, jelas dia, terbebas dari penyebaran wabah Covid-19. "Alhamdulillah sejauh ini boleh dikatakan yang kita tahu, hanya ada tiga pesantren (ada kasus Covid-19)," jelas dia.

Menag menyampaikan bahwa kondisi pesantren hingga saat ini aman dari penyebaran Covid-19 lantaran sekurang-kurangnya menjalankan empat persyaratan untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

Pertama, lingkungan madrasah/pesantren aman Covid-19Kedua, guru, ustadz, atau pengajar lainnya aman Covid-19.

Ketiga, murid atau santrinya aman Covid-19. Keempat, pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat.

“Madrasah boleh memilih (pembelajaran tatap muka), dengan pertimbangan masing-masing. Namun tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan, agar semuanya tetap aman,” kata Menag.

Seperti diketahui, pemerintah telah memperbolehkan seluruh sekolah di zona hijau dan zona kuning untuk kembali mulai kegiatan belajar secara tatap muka.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem menyatakan pelaksanaannya diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat guna mencegah penularan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper