Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabar Baik Ekonomi Global, Aktivitas PMI Eropa Menggeliat

Purchasing Managers' Index (PMI) komposit Eropa naik menjadi 54,9, level tertinggi dalam dua tahun.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  17:52 WIB
Lambang Uni Eropa terpampang di depan gedung Parlemen Eropa di Brussels, Belgia, Rabu (27/5/2020). - Bloomberg/Geert Vanden Wijngaert
Lambang Uni Eropa terpampang di depan gedung Parlemen Eropa di Brussels, Belgia, Rabu (27/5/2020). - Bloomberg/Geert Vanden Wijngaert

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis di zona Eropa mengalami pertumbuhan yang lebih kuat pada Juli 2020. Tingkat produksi meningkat untuk pertama kalinya sejak lockdown memukul ekonomi pada Maret lalu.

Penyedia layanan dan produsen sama-sama mengalami peningkatan aktivitas. Puchasing Managers' Index (PMI) komposit Eropa naik menjadi 54,9 yang menjadi level tertinggi dalam dua tahun. Pesanan juga meningkat untuk pertama kalinya sejak lima bulan.

Namun demikian ekonomi masih jauh dari pemulihan penuh. Perusahaan-perusahaan melakukan pemangkasan tenagakerja lebih lanjut bulan lalu. Menurut IHS Markit, hal itu menimbulkan ketidakpastian atas bagaimana keberlanjutan pemulihan kawasan itu nantinya.

Laporan itu menunjukkan peningkatan di berbagai negara, meski permintaan terpengaruh lemahnya perdagangan internasional.

"Apakah pemulihan dapat dipertahankan akan ditentukan pertama dan terutama dengan jumlah kasus virus,” kata ekonom IHS Markit Chris Williamson, dilansir Bloomberg, Rabu (5/8/2020).

Dia menambahkan bahwa langkah-langkah pembatasan gerak dan jarak sosial mengurangi kemampuan banyak perusahaan untuk beroperasi pada kapasitas sebelum pandemi.

Kepala ekonom Bank Sentral Eropa Philip Lane juga memperingatkan agar tidak terlalu banyak membaca data ekonomi baru-baru ini. Peningkatan global pada kasus virus corona akan membebani konsumen dan bisnis selama beberapa waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur ekonomi global ekonomi eropa

Sumber : bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top