Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi Berangsur Pulih, Indeks Manufaktur Asia Merangkak Naik

Sektor manufaktur di Asia berangsu-angsur bergerakan ke arah stabilisasi setelah mengalami kontraksi cukup dalam akibat pandemi Covid-19
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  14:57 WIB
Suasana di salah satu pabrik perakitan motor di Jakarta, Rabu (1/8/2018). Bisnis - Abdullah Azzam
Suasana di salah satu pabrik perakitan motor di Jakarta, Rabu (1/8/2018). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur di sejumlah negara di Asia merangkak naik pada Juli 2020, meski beberapa negara tercatat masih berada di bawah 50 yang menunjukkan angka kontraksi.

Menurut data survei PMI yang dirilis IHS Markit, kondisi manufaktur Indonesia memburuk dengan laju lebih lambat pada Juli, karena sektor ini bergerak lebih jauh menuju stabilisasi. PMI Indonesia naik dari 39,1 menjadi 46,9 pada Juli, angka tertinggi sejak Februari.

"Data PMI menunjukkan penurunan di seluruh sektor manufaktur Indonesia selama Juli bayak berkurang, menambah harapan bahwa dampak terburuk pandemi dirasakan pada triwulan kedua," kata Kepala Ekonom IHS Markit Bernard Aw dalam rilisnya, Senin (3/8/2020).

Di negara tetangga seperti Thailand, PMI juga naik dari 43,5 menjadi 45,9 pada Juli, angka tertinggi sejak Maret. Di Korea Selatan PMI naik menjadi 46,9 pada Juli dari bulan sebelumnya 43,4 dan Jepang naik menjadi 45,2 dari 40,1.

PMI China naik 52,8 dari sebelumnya 51,2 menandai berlanjutnya pemulihan permintaan dan penawaran pada manufaktur. IHS Markit mencatat, pada Juli output dan permintaan manufaktur di China pulih lebih cepat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya seiring pandemi yang di bawah kontrol.

"PMI yang berada di anga 52,8 pada Juli menandakan sektor manufaktur China berlanjut untuk ekspansi di tengah pemulihan ekonomi," kata Wang Zhe, China General Manufakturing PMI data.

Sementara itu, PMI Malaysia mengalami penurunan menjadi 50 dari sebelumnya 51 pada Juni. Demikian pula dengan Vietnam yang mundur dari 47,6 dari sebelumnya 51,1 pada Juni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur asia purchasing managers index
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top