Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Polemik Obat Covid-19: Hadi Pranoto Akui Bukan Dokter, Tapi Peneliti Independen

Sosok Hadi Pranoto tengah menjadi sorotan publik karena mengaku menemukan obat yang bisa menyembuhkan Covid-19.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  17:36 WIB
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan uji lab obat herbal dari daun ketepeng dan benalu bermarga dendroptoe untuk penyembuhan Covid-19 di Lab Cara Pembuatan Obat Tradisional Baik (CPOTB) Pusat Penelitian Kimia LIPI, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. ANTARA - Muhammad Iqbal
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan uji lab obat herbal dari daun ketepeng dan benalu bermarga dendroptoe untuk penyembuhan Covid-19 di Lab Cara Pembuatan Obat Tradisional Baik (CPOTB) Pusat Penelitian Kimia LIPI, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. ANTARA - Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Hadi Pranoto, pria yang mengklaim telah menemukan obat Covid-19, mengakui bahwa dirinya bukanlah seorang dokter tetapi peneliti independen.

"Saya akan klarifikasi kepada IDI [Ikatan Dokter Indonesia] dan juga seluruh masyarakat Indonesia, saya bukan orang IDI [Ikatan Dokter Indonesia] dan saya bukan dokter. Jadi makanya di dalam database IDI saya tidak ada," kata Hadi seperti dikutip dari tayangan langsung KompasTV, Senin (3/8/2020).

Adapun, pernyataan ini menjadi jawaban atas polemik terkait video wawancaranya dengan musisi Anji beberapa waktu lalu.

Pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meradang lantaran sejumlah pernyataan Hadi yang dinilai menyesatkan. Terlebih lagi latar pendidikan serta gelar profesor tidak terlacak di berbagai literatur atau jurnal ilmiah, termasuk dalam database IDI.

Salah satu pernyataan Hadi yang paling menuai kontroversi adalah klaim bahwa obat yang ditemukannya 100 persen bisa mengobati Covid-19.

Sosok Hadi Pranoto ini menjadi sorotan publik usai tampil dalam kanal YouTube milik musisi, Anji. Pria yang mengklaim dirinya sebagai profesor dan pakar mikrobiologi itu menyebut telah menemukan produk herbal yang diklaim sebagai obat penyembuh dan pencegah virus Corona atau Covid-19.

Sementara itu, Youtube telah menghapus video kontroversial yang diunggah akun Dunia Manji tentang profesor penemu obat Covid-19. Video berjudul Bisa Kembali Normal, Obat Covid-19 Ditemukan!! (Part 1) sudah tidak dapat diakses pada 2 Agustus 2020 malam. Konten yang diunggah musisi Anji Manji tersebut juga menuai banyak kritikan.

Pada tangkapan layar yang disebarkan Anji melalui Instagram Story malam tadi, tertulis bahwa unggahan tersebut telah dihapus oleh Youtube. "Video removed. Inappropriate content."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikatan dokter indonesia Virus Corona covid-19 Obat Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top