Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kontroversial! Video Anji terkait Obat Covid-19 Dihapus Youtube

Video tersebut berisi tentang dialog antara Anji dengan seorang bernama Hadi Pranoto yang disebut sebagai seorang profesor pakar mikrobiologi.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  08:59 WIB
Ilustrasi - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan uji lab obat herbal dari daun ketepeng dan benalu bermarga dendroptoe untuk penyembuhan Covid-19 di Lab Cara Pembuatan Obat Tradisional Baik (CPOTB) Pusat Penelitian Kimia LIPI, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. ANTARA - Muhammad Iqbal
Ilustrasi - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan uji lab obat herbal dari daun ketepeng dan benalu bermarga dendroptoe untuk penyembuhan Covid-19 di Lab Cara Pembuatan Obat Tradisional Baik (CPOTB) Pusat Penelitian Kimia LIPI, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. ANTARA - Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Youtube menghapus video kontroversial yang diunggah akun Dunia Manji tentang profesor penemu obat Covid-19. Video ini dihapus karena dianggap tidak pantas.

Video berjudul Bisa Kembali Normal, Obat Covid-19 Ditemukan!! (Part 1) sudah tidak dapat diakses pada 2 Agustus 2020 malam. Konten yang diunggah musisi Anji Manji tersebut juga menuai banyak kritikan.

Video tersebut berisi tentang dialog antara Anji dengan seorang bernama Hadi Pranoto yang disebut sebagai seorang profesor pakar mikrobiologi. Dia mengklaim telah memiliki obat herbal yang dapat menyembuhkan Covid-19.

Pada tangkapan layar yang disebarkan Anji melalui Instagram Story malam tadi, tertulis bahwa unggahan tersebut telah dihapus oleh Youtube. "Video removed. Inappropriate content."

Bila membuka link video yang telah tersebar, Youtube menulis kan bahwa, "Video ini telah dihapus karena melanggar Pedoman Komunitas YouTube".

Video ini langsung menjadi perbincangan warganet tidak lama setelah Anji mengunggah konten itu, termasuk menyita perhatian dari kalangan medis.

Tompi atau Teuku Adifitrian, seorang musisi sekaligus dokter menyebut bahwa obat herbal bukan vaksin Covid-19. Namun, jelas dia, yang pasti terdapat obat herbal yang mendukung sistem imun manusia.

Kerja imun yang baik, kata dia, sangat diperlukan untuk melawan Covid-19 atau penyakit lain. Penemuan ini juga sudah banyak tercantum dalam jurnal penelitian medis.

"Apakah bener HERBAL bs membantu mengobati covid???? Yang Pasti, ada herbal yg mensupport sistem imun kita, dan kerja sistem imun yg baik tentu sangat diperlukan utk melawan covid/penyakit lain. Hal tersebut sudah banyak jurnal penelitiannya. Tapi HERBAL BUKANLAH VAKSIN COVID," kicaunya di Twitter, Senin (3/8/2020).

"Apakah kl rajin minum herbal TERJAMIN GAK KENA COVID ATAU PASTI BISA SEMBUH DR COVID??? jawabannya TENTU TIDAK!!! Jd mencegah tertular sakit itu yg terbaik utk saat ini. Sistem imun kita itu kompleks, tdk hanya ditentukan oleh HERBAL," tambahnya.

Sehari sebelumnya, Dokter Paru di rumah sakit Mayapada Hospital dr. Jaka Pradipta sempat menyematkan langsung nama Anji untuk mengomentari unggahan terbaru musisi tersebut.

Menurutnya informasi yang disampaikan melalui video itu sangat sesat. Bahkan hampir semua isi perbincangan menurutnya ngawur.

"Dengan literasi masyarakat Indonesia yang kurang, video ini akan sangat TOKSIK. Semua yang diucapkan tidak ada bukti, ini akan menjadi masalah baru bila video ini VIRAL dan disebarkan di grup WA. Astagfirullah.... Saya mohon secepat2nya video ini dihapus," tulisnya di Twitter.

Sementara itu, Anji ikut mengomentari penghapusan video tersebut pagi tadi. Kata dia, dirinya dianggap memberi panggung pada orang yang tidak kredibel. Namun ditonton dan disebarkan banyak orang hingga berujung pelarangan atau pencegahan (banned) oleh Youtube.

"Secara tidak sadar orang-orang juga memberi panggung pada hal yang mereka tidak suka," tulisnya di Instagram Story, Senin (3/8/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top