Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unik, Tiga Robot Ikut 'Diwisuda' di Undip Semarang

Mahasiswa-mahasiswi yang menjadi wisudawan terbaik Undip diwakili robot saat wisuda.
Rektor Undip Yos Johan menyalami robot yang mewakili lulusan Undip dalam acara wisuda di Semarang, Senin (27/7/2020)./ANTARA-I.C.Senjaya
Rektor Undip Yos Johan menyalami robot yang mewakili lulusan Undip dalam acara wisuda di Semarang, Senin (27/7/2020)./ANTARA-I.C.Senjaya

Bisnis.com, SEMARANG - Pemandangan unik terjadi pada wisuda mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang.

Tiga robot memakai kostum wisuda berbaris rapi. Dengan postur tak beda dengan manusia, robot itu siap mengikuti wisuda yang dilangsungkan secara daring.

Ketiga robot itu mewakili wisudawan terbaik Undip yang akan bersalaman langsung dengan Rektor Yos Johan Utama.

Berdasarkan informasi di situs resmi Undip, disebutkan bahwa wisuda ke-159 Universitas Diponegoro pada 27-30 Juli 2020 yang dilaksanakan secara daring menghadirkan robot peraga wisudawan wisudawati.

Unik, Tiga Robot Ikut 'Diwisuda' di Undip Semarang

Tiga robot siap memeriahkan wisuda daring Undip Semarang/www.undip.ac.id

Robot ini menggantikan kehadiran fisik para wisudawan wisudawati yang tidak bisa hadir pada acara wisuda karena sejumlah kebijakan pandemi Covid-19 dalam upaya mencegah penularan virus Corona.

"Robot peraga ini dirancang semirip mungkin dengan sosok wisudawan wisudawati. Robot yang mewakili wisudawan berpakaian celana hitam, memakai jubah wisuda lengkap dengan toga. Sedangkan robot yang mewakili wisudawati memakai kain jarik bermotif cerah. Badannya menggunakan jubah hitam seperti wisudawan," demikian dijelaskan pihak Undip di situs resminya.

Untuk wisudawati berhijab, dihadirkan robot yang kepalanya ditutup hijab. Sedangkan bagi wisudawati yang tidak berhijab, diwakili oleh robot dengan rambut sintesis berkepang dan bertoga.

Tinggi robot disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia pada umumnya yaitu 160 sentimeter. Robot ini berdiri diatas kotak dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya berasal dari batere kering (aki). Untuk menjalankan robot maju – mundur dan berputar menggunakan remote control yang dapat dikendalikan dari jarak hingga 15 meter.

“Wisuda ke-159 ini mengusung tema robotik. Kami tidak hanya menghadirkan aksi robot peraga wisudawan wisudawati, tetapi juga menampilkan tayangan tentang pencapaian-pencapaian riset dan inovasi Universitas Diponegoro khususnya di bawah Pusat Riset Unggulan Iptek Undip untuk Teknologi Kesehatan," papar Dwi Cahyo Utomo, SE., MA., Ph.D selaku Plt. Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis.

Capaian Undip itu salah satunya di bidang robotik dengan mengembangkan tangan bionik yang sudah banyak penggunanya, di antaranya oleh tenaga kerja Indonesia di Korea.

Undip juga mengembangkan robot medis untuk membantu tenaga medis menangani pasien Covid-19.

"Pada wisuda kali ini, Undip menghadirkan robot peraga wisudawan untuk memeriahkan wisuda daring,” papar Dwi.

Wisuda ke-159 Undip diikuti oleh 2.561 wisudawan yang terbagi ke dalam 11 tahap.

Tanggal 27 hingga 29 masing-masing tiga tahap, kecuali tanggal 30 Juli berlangsung 2 tahap.

Tahap 1 dimulai pukul 08.00 WIB, tahap 2 dimulai pukul 11.00 WIB dan tahap 3 dimulai pukul 14.00 WIB. Setiap tahap diperkirakan berlangsung selama 2 jam.

Pada wisuda ke-159 ini terdapat dua mahasiswa asing bernama Hasan Ali M Ali asal Libya dari program studi S2 Ilmu Lingkungan, dan Kagiraneza Alexis Fidele asal negara Rwanda dari program studi S2 Sistem Informasi.

Keduanya tercatat sebagai wisudawan pada Sekolah Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Wisuda ke-159 ini merupakan wisuda daring kedua yang dilaksanakan Undip. Wisuda daring yang pertama digelar pada akhir Juni 2020 lalu.

Nah, robot peraga akan beraksi mewakili tiga wisudawan wisudawati terbaik pada tiap-tiap fakultas. Tiga wisudawan terbaik yang diwakili robot, akan menerima ijazah langsung dari Rektor dan bersalaman dengan Rektor serta Dekan.

Penasaran ingin melihat aksi robot ikut wisuda? 

Saksikan acara wisuda Undip yang disiarkan secara daring dari Gedung Prof. Soedarto SH, Kampus Tembalang.

Acara wisuda juga dapat disaksikan melalui Youtube channel Undip TV Official pada Senin sampai Kamis, tanggal 27 sampai 30 Juli 2020 pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : undip.ac.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper