Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Bentuk Komite Baru, Pengamat: Indikasi Koordinasi Tak Berjalan Mulus

Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengatakan pembentukan komite baru mengindikasikan pola koordinasi yang sudah ada tidak berjalan mulus.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  18:16 WIB
Menteri BUMN Eric Thohir dalam konferensi pers terkait dengan penunjukkan bank Himbara sebagai bank mitra umum pemerintah di Istana Merdeka, Rabu (24/6/2020) -  Istimewa
Menteri BUMN Eric Thohir dalam konferensi pers terkait dengan penunjukkan bank Himbara sebagai bank mitra umum pemerintah di Istana Merdeka, Rabu (24/6/2020) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom Indef Bhima Yudhistira mempertanyakan tujuan pembentukan komite kebijakan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional oleh Presiden Jokowi.

"Apa tujuan membuat komite baru? untuk penanganan Covid-19 sudah ada Gugus Tugas [Percepatan Penanganan Covid-19]," kata Bhima kepada Bisnis, Senin (20/7/2020).

Lebih lanjut, terkait upaya pemulihan ekonomi nasional Bhima menilai hal itu sudah menjadi tugas dan fungsi Kementerian Koordinator bidang
Perekonomian atau Kementerian Keuangan.

Selain itu, sambungnya, pembentukan komite baru mengindikasikan pola koordinasi yang sudah ada tidak berjalan mulus.

Bhima pun menyangsikan birokrasi yang bertele-tele dalam penyaluran stimulus ekonomi akan semakin lancar dengan keberadaan komite tersebut. Bahkan, ada potensi pemborosan anggaran dengan keberadaan komite baru.

"Tanpa adanya penurunan kasus yang signifikan, non sense ekonomi bisa berangsur pulih. Investor akan wait and see dulu karena melihat kasus positif [Indonesia] melebihi China. Jadi pembentukan komite belum urgent," paparnya.

Menurutnya, penguatan fungsi kementerian atau lembaga yang sudah ada yakni Gugus Tugas Covid-19 dan Kemenko Perekonomian lebih baik untuk dioptimalkan ketimbang membuat komite baru.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir didapuk menjadi ketua pelaksana komite kebijakan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional pada Senin (20/7/2020).

Pembentukan Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini diatur dalam peraturan pemerintah (PP) yang ditandangani hari ini, Senin (20/7/2020).

Nantinya Erick akan mengkoordinasikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi erick thohir Virus Corona pemulihan ekonomi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top